BERBAGI
10 SMA Negeri favorit incaran PPDB 2021
Ilustrasi, 10 SMA Negeri favorit incaran PPDB 2021 salah satunya SMA N 1 Semarang banyak alumnus para menteri/Ambar Adi Winarso-Warta Nasional

SEMARANG, Warta Nasional – SMA Semarang favorit PPDB dengan sistem zonasi Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA di Kota Semarang akan dibuka secara online dari tanggal 21 sampai 24 Juni 2021.

Meski menerapkan sistem zonasi, beberapa sekolah yang menyandang favorit bakal tetap menjadi buruan pendaftaran.

Sejumlah sekolah SMA di Semarang terbilang mentereng secara prestasi di tingkat nasional.

Apalagi banyak tokoh nasional, pejabat, sampai sekelas menteri adalah alumnusnya.

Hal itu cukup mampu menyedot minat pendaftar untuk mengincar satu kuris belajar di sekolah tersebut.

Berikut daftar 10 SMA favorit di Semarang diprediksi menjadi incaran pendaftaran PPDB tingkat SMA.

1. SMAN 3 Semarang

SMAN 3 Semarang sampai sekarang masih menjadi nomor wahid baik secara prestasi maupun stigma di masyarakat.

SMA yang beralamat di Jalan Pemuda 149 Semarang ini terakreditasi A, merupakan jebolan menteri kabinet Jokowi, seperti Sri Mulyani dan Retno Marsudi, ada juga pakar kuliner Bondan Winarno (alm).

Alumnus mereka terkenal dinamai Alumni SMA Telu Semarang (ALSTE) yang selalu di hadiri para menteri tersebut.

Secara prestasi kerap menjuari event bergengsi internasional sekelas olimpiade sains.

Sangat strategis berada di tengah kota, tepatnya berseberangan dengan Balai Kota Semarang.

Sekolah ini menganut sistem pembelajaran moving class atau peserta didik yang tak mampu secara akademis akan tersingkir dan pindah sekolah.

2. SMAN 1 Semarang

Merupakan SMA negeri tertua di Semarang, menempati gedung tua eksotis Hoogere Burger School (HBS) di Jalan Menteri Supeno No. 1 Semarang.

Pernah menerapkan kelas Olimpiade dan Akselerasi namun dihapus karena kebijakan pemerintah.

SMAN 1 Semarang juga menyandang predikat Sekolah Adiwiyata lantaran menerapkan wawasan lingkungan yang asri.

Beberapa alumnus pejabat ada Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo, mantan Gubernur DKI Sutiyoso, serta Hendrar Prihadi dan Hevearita G Rahayu selalu Wali Kota dan Wakil Walikota Semarang.

Sebaran prestasi juga mumpuni baik dari sains maupun non akademis. Kuota daya tampung SMAN 1 Semarang di PPDB 2019 sebanyak 338 peserta didik baru. Sekolah ini menyandang akreditasi A.

3. SMAN 2 Semarang

Berlokasi di Jalan Sendangguwo Baru No.1 Semarang, merupakan sekolah negeri terbaik yang ada di Semarang bagian timur dengan akreditasi A.

Salah satu alumnus SMAN 2 Semarang adalah mantan penyidik senior KPK Novel Baswedan.

Sekolah ini memilki laboratorium lengkap sebagai praktikum siswanya. Sebagai salah satu sekolah tertua, dari segi bangunan tergolong baru, dibangun pada tahun 1978.

Secara prestasi juga tak kalah lantaran satu level dengan SMA 3 dan SMA 1, yang awalnya merupakan pengembangan SMA Negeri Bagian A (SMA 3 Semarang) dan SMA Negeri Bagian B (SMA 1 dan SMA 2) yang dipecah pada tahun 1950.

4. SMAN 5 Semarang

Sekolah SMA ini berada pas di samping SMAN 3 Semarang, hanya terpisah satu bangunan milik Pemkot Semarang Tourism Information Center, atau di Jalan Pemuda No. 143 Semarang.

Dahulu SMAN 5 Semarang kerap menjadi pilihan kedua setelah siswa tak diterima di SMAN 3 Semarang, namun saat ini secara pilihan dan prestasi layak disejajarkan.

Sama-sama menempati bangunan bersejarah, SMAN 5 Semarang kini menjadi salah satu SMA yang paling diburu peserta didik lantaran posisinya sangat strategis di segitiga emas SMA favorit. (SMA 3-SMA 5-SMA 1).

Menyandang akreditasi A menjadi modal dalam mencetak siswa didik yang makin diminati dan dipercaya masyarakat Semarang. SMAN 5 Semarang menampung kuota 450 peserta didik.

5. SMAN 4 Semarang

SMAN 4 Semarang berada di Semarang bagian selatan atau Semarang atas, di Jalan Karangrejo Raya No. 12A Banyumanik Semarang.

SMA ini juga merupakan pengembangan dari SMAN 3 Semarang atau eks SMA Negeri Bagian A.

Terakreditasi A, SMAN 4 Semarang bisa menjadi jaminan bagi peserta didik yang ada di zonasi Semarang bagian atas, tanpa harus bersaing berat di SMA negeri yang ada di tengah kota.

Secara fasilitas tak kalah lengkap dengan sekolah lainnya, dengan menampung kuota sebanyak 356 peserta didik baru pada PPDB 2019

6. SMAN 6 Semarang

Sekolah yang beralamat di Jalan Ronggolawe Barat Semarang ini pernah membuat prestasi mengejutkan pada ujian negara 2011, dimana mampu menorehkan hasil UN terbaik se Kota Semarang.

Tak hanya itu, SMAN 6 Semarang juga meriah predikat peringkat pertama hasil ujian yah dirilis Disdikbud Provinsi Jateng untuk Program IPA dan IPS. Padahal sekolah ini baru memiliki lahan gedung pada tahun 1985. Sekolah yang terakreditasi A ini juga memiliki master plan pembangunan sampai 2020 dengan konsep sebuah kampus. Di PPDB 2019 SMAN 6 Semarang menampung 388 peserta didik baru.

7. SMAN 11 Semarang

Sama seperti SMA favorit lainnya, di SMAN 11 Semarang menempuh pendidikan selama tiga tahun. Sekolah yang terakreditasi A ini bisa menjadi pilihan tepat bagi peserta didik baru yang juga ada di zonasi tengah Kota Semarang, alamatnya ada di Jalan Lamper Tengah Kota Semarang. Bisa juga menjadi alternatif pilihan saat di SMA negeri di segitiga emas sangat banyak peminatan. SMAN 11 selalu menunjukan perkembangan prestasi yang membanggakan, mampu bersaing dengan SMA negeri favorit yang telah eksis. Beberapa prestasi disabet terutama untuk program ekstrakurikuler baik tingkat daerah maupun nasional.

8. SMAN 9 Semarang

Menjadi pilihan kembali bagi peserta didik baru yang ada di zonasi Semarang atas, atau sekitar Kecamatan Banyumanik. SMAN 9 Semarang sejajar dengan SMA favorit lainnya yang sama-sama terakreditasi A. Perlahan sekolah yang berlapis di Jalan Cemara Raya, Banyumanik Semarang ini menorehkan prestasi akademis melalui berbagai lomba yang digelar. Suasana cuaca yang tidak terlalu panas di SMAN 9 Semarang menjadikan ideal untuk kegiatan belajar mengajar. Program unggulannya yakni siswa berbahasa Inggris secara aktif melalui pembinaan bahasa Inggris pada komunitas bahasa Inggris.

9. SMAN 12 Semarang

Berlokasi di Jalan Raya Gunungpati Semarang, merupakan daerah pinggiran yang ada di kota Semarang. Bisa menjadi pilihan peserta didik baru yang di luar zona semisal Kendal dan Kabupaten Semarang. Lingkungan yang masih asri dan dibawah kaki Gunung Ungaran membuat suasana sejuk dan indah di sekolah ini. Sekolah ini juga mengenalkan ekstrakurikuler karawitan untuk menjaga kelestarian budaya Jawa. Beberapa prestasi bidang ekstrakurikuler disabet seperti pencak silat, paskibra, bahas Inggris, dan lainnya.

10. SMAN 15 Semarang

Bagi peserta didik baru yang ada dibagian Semarang timur bisa memprioritaskan pilihan zonasinya di SMAN 15 Semarang. Beralamat di Jalan Kedungmundu Kota Semarang memiliki segudang prestasi terutama di ekstrakokurikuler olah raga seperti juara Pencak Sikat, Taekwondo, Tenis Meja, baik di tingkat lokal maupun daerah. Sekolah ini juga langganan juara tiga besar Paskibra tingkat Kota Semarang. Meski tergolong masih muda berdiri pada 1992 namun sudah menyandang akreditasi A. Lokasinya sangat strategis di kelilingi banyak perumahan, dan pernah menyandang menjadi sekolah peserta input pendaftaran terbanyak PPDB tahun sebelumnya baik sebagai pilihan pertama maupun kedua. Sekolah ini juga menyiapkan model beasiswa silang dan beasiswa Pemkot Semarang dan beasiswa lainnya. ***

Editor: Ambar Adi Winarso