BERBAGI
Foto : Ilustrasi

JOGYAKARTA, Warta Nasional – Pameran Batik hasil karya Guru SBP MTs DIY akan di gelar pada 9 dan 16 Maret 2017 di Yogyakarta.

“Guru Seni Budaya dan Prakarya MTs se DIY barusaja menyelesaikan karyanya dari Diklat (pendidikan dan pelatihan) Batik Tulis di Batik Praghita Gunting Gilangharjo Pandak Bantul,” kata Ketua MGMP Drs. Sutanto Kamis (2/3) di PPPPTK Seni dan Budaya Yogyakarta, Sabtu (4/3).

Beberapa karya yang sudah siap dipamerkan diantaranya karya yaitu Ruri Swandari (Nawa Puspa), Sutanto (Batik Bernada), Lucky Sri Hartati (Ceplok Bunga), Suarni (Dua Burung), Sargiyono (Bunga Enam), Susanto (Flora fauna), Marsudi (Bunga Kuncup Mekar), Sarbini (Motif Bunga), Sri Suratmini (Bunga Merekah), Rismanta (Kembang Garing).

“Guru yang akan mengikuti pameran ini tidak semuanya berlatar belakang seni rupa, ada yang dari seni musik, seni tari, seni kriya, tata boga, dll,” ujarnya.

Sutanto juga mengatakan, Widyaiswara PPPPTK SB Yogyakarta Drs. Edih Supardi, M.Pd selaku fasilitator mendukung langkah yang dilakukan oleh para guru SBP MTs DIY tersebut, hal ini dibuktikan dengan memberikan ruang ekspresi bagi para guru melalui pameran ini.

“Karya yang sudah terkumpul nantinya akan dinilai oleh Drs. I Gusti Ngurah Swastapa,” tuturnya.

Namun demikian, dengan bimbingan praghita batik beberapa waktu sebelumnya serta didukung tekad kuat maka karya ini berhasil dipamerkan. Beragamnya latar belakang pendidikan justru menjadikan karya yang variatif dan menarik.

“Harapannya pameran yang baru pertaka kalinya digelar ini menjadi motivasi diri setiap guru. Syukur-syukur siswa MTs di kawasan Sleman khususnya dapat menyempatkan diri melihat dari dekat karya para guru,” pungkas Sutantodaam rilisnya. (WN-004)

Editor : Nur robiatun