BERBAGI
Wakil Ketua DPRD Jateng, Ferry Wawan Cahyono (Foto : Wartanasional.com)

SEMARANG, Warta Nasional — Masih maraknya Berita bohong atau hoax, yang semakin masif meresahkan masyarakat belakangan ini. Apalagi berita hoax kini kian marak di media sosial.

Untuk itu, masyarakat harus mengantisipasi berkembangnya berita bohong, seperti yang disampaikan Wakil Ketua DPRD Jawa Tengah, Ferry Wawan Cahyono, kepada wartanasional.com, saat dihubungi di Semarang, Selasa (7/3).

Ferry mengungkapkan, selain mengantisapi berita hoax, juga mengajak masyarakat harus cerdas melakukan literasi media. Selain itu, Pemerintah juga harus memberangus berita hoax untuk membantu masyarakat mendapatkan informasi.

“Pemerintah harus mengontrol juga, mengawasi informasi bohong di media online, apakah media-media tersebut memiliki badan hukum atau tidak,” papar Ferry.

Lanjut Ferry, mengatakan salah satunya cara untuk menangkal hoax adalah dengan melakukan sosialisasi dan pemahaman mengenai bahayanya dampak berita bohong tersebut.

“Melakukan sosialisasi secara masif, mulai dari sekolah, kampus, dan aktivis akan bahaya hoax,” ujar politikus Golkar itu.

Untuk itu, Ferry menambahkan, Pers berperan dan berada di garis terdepan dalam meminimalisir berita-berita yang tidak bertanggung jawab serta bohong atau hoax.

“Kita bersama-sama dengan pers, untuk menekan pemeberitaan yang tidak bertanggung jawab apalagi jelas-jelas berita hoax,” pungkasnya.
(WN-007)

Editor : Fifit Difika