BERBAGI
Foto: Ilustrasi

JAKARTA, Warta Nasional — Pengawasan penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) di sejumlah makam di Ibu Kota Jakarta ditingkatkan menjelang Ramadhan 2017 karena banyaknya warga yang melakukan ziarah.

“Kawasan yang sering menjadi tempat mangkalnya para pengemis tersebut adalah tempat ibadah, pemakaman katika hari Jumat dan hari libur, perempatan jalan, JPO, lamer dan lainnya,” kata Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Selatan, Mursidin, di Jakarta, Jumat (12/5).

Ia mengatakan, PMKS memanfaatkan peziarah yang ingin bersedekah, pengemis yang beroperasi di Jakarta Selatan kebanyakan dari luar daerah terutama daerah Tasikmalaya, Indramayu dan yang paling banyak dari Cilacap.

“Kami akan mengintensifkan penjagaan di titik-titik rawan PMKS dan menyisir kawasan-kawasan yang ditengarai banyak PMKS,” tuturnya.

Marsudin menambahkan, Pada saat ini terdapat 100 orang pasukan P3S yang memantau dan mengawasi PMKS di Jakarta Selatan.

“Pada hari ini petugas P3S Jaksel telah mengamankan 10 orang pengemis dengan perincian enam orang pengemis dewasa dan empat orang anak, mereka dijangkau di kawasan Kuningan dan Cilandak” ujarnya.

Selanjutnya pengemis tersebut telah dirujuk ke panti PSBI BD1 KEDOYA untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. (WN-013)