BERBAGI
Foto: Ilustrasi

CIANJUR, Warta Nasional — Tim gabungan Polres, Dinas Kesehatan, Dinas Perdagangan, Bulog dan Satpol PP Cianjur, Jawa Barat, mengamankan sejumlah makanan kedaluarsa dalam sidak ke sejumlah supermarket dan toko modern yang ada di wilayah tersebut.

“Sejumlah makanan kedaluwarsa tersebut diamankan dari beberapa supermarket, toko modern dan gudang penyimpanan yang ada di setiap supermarket atau toko modern tersebut,” kata Kasat Reskrim Polres Cianjur, AKP Benny Cahyadi, di Cianjur, Jumat (12/5).

Ia mengatakan, Makanan yang kedaluwarsa itu mulai dari produk susu kemasan, makanan ringan, dan makanan olahan curah. Tim akan memanggil pihak manajemen toko modern yang terbukti masih menjual atau memajang produk kedaluwarsa.

“Kami akan memanggil penanggungjawab toko yang terbukti menjual produk kedaluwarsa. Ini untuk memberikan jaminan pada warga untuk mendapatkan produk yang layak konsumsi,” tuturnya.

Benny menjelaskan, kegiatan tersebut akan dilakukan di seluruh wilayah Cianjur, termasuk di pasar-pasar tradisional, agar terjaminnya kebutuhan warga yang layak konsumsi dan tidak adalagi barang kedaluwarsa yang dijual.

Sementara itu, Kepala Diskoperindag Cianjur Himam Haris mengatakan, agenda sidak gabungan tersebut merupakan instruksi pusat untuk memeriksa setiap supermarket dan toko modern yang ada di daerah.

“Setiap temuan akan disitas dan penanggungjawabnya akan diperiksa PPNS, sidak akan dilanjutkan dengan operasi pasar menjelang masuknya bulan puasa dan hari raya, dan kegiatan tersebut akan dilakukan bersama dengan sejumlah instansi terkait.” ungkapnya.

Lanjut Benny mengatakan, hal tersebut, juga dilakukan sebagai upaya mengontrol harga agar tidak terjadi lonjakan harga menjelang masuknya bulan puasa dan menjelang lebaran.

“Kami akan berkordinasi dengan berbagai pihak seperti bulog untuk melakukan operasi pasar,” jelasnya.

Kegiatan ini sebagai upaya mengontrol agak tidak terjadinya lonjakan harga-harga kebutuhan. Kegiatan tersebut akan dilakukan satu pekan menjelang puasa. (WN-013)