BERBAGI
Foto WN: Bupati Pemalang, H. Junaedi, saat menerima penghargaan Opini WTP dari BPK Perwakilan Jawa Tengah, di Semarang, Rabu (31/5).

PEMALANG, Warta Nasional — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pemalang berhasil meraih penghargaan opini audit wajar tanpa pengecualian (WPT) dari badan Pemerikasaan Keuangan (BPK) atas pemeriksaan laporan keuangan tahun anggaran 2016.

“Alhamdulillah setelah bertahun-tahun kami bisa mendapatkan opini wajar tanpa pengecualian (WPT) dari BPK,” kata Bupati Pemalang, H. Junaedi, kepada wartanasional.com di Pemalang, Rabu (31/5).

Junaedi mengatakan, Usaha bertahun-tahun yang dilakukan pemkab pemalang akhirnya mendapatkan apresiasi dari BPK Perwakilan Jawa Tengah dengan predikat opini WPT.

“Penghargaan ini kami peroleh bukan melalui hasil yang instan, akan tetapi melalui proses yang terstruktur dengan mengedepankan pembenahan fungsi dan sistem pengendalian intern,” ujarnya.

Dilain sisi, auditor tidak hanya wajib memiliki kompetensi yang handal saja, melainkan juga memiliki etika yan tinggi.

Sementara itu, kepala BPK Perwakilan Jawa Tengah, Hery Subowo mengatakan, bahwa kabupaten pemalang mendapatkan opini WTP pada laporan hasil pemeriksaan LKPD tahun anggaran 2016 ini karena pemkab pemalang sesuai dengan standar akutansi pemerintah, kecukupan pengungkapan, dan kepatuhan dalam peraturan undang-undang serta efektifitas sistem pengendalian intern.

“Pemeriksaan ini tersebut terdiri dari pengelolaan keuangan daerah, kepatuhan, SPI, dan managemen aset 2016,” pungkasnya. (WN-001)

Editor: Fifit D