BERBAGI
Foto: Ilustrasi

SURABAYA, Warta Nasional — Jika anda sedang berada di Surabaya tidak salahnya untuk singgah ke Masjid Cheng Ho Surabaya, Jawa Timur. Masjid yang berada di Jl. Gading, Ketabang, Genteng, Surabaya atau 1 Km dari Balaikota Surabaya ini kental dengan nuansa muslim Tiongkok.

Masjid ini berdiri pada tanggal 15 Oktober 2001 yang diawali dengan peletakan batu pertama bertepatan dengan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW. Masjid ini diinisiasi oleh para sesepuh, penasehat, pengurus Persatuan Islam Tionghoa Indonesia(PITI), dan pengurus Yayasan Haji Muhammad Cheng Ho Indonesia Jawa Timur serta tokoh masyarakat Tionghoa di Surabaya.

Yang menarik dari masjid ini ialah arsitektur khas Tiongkok, seolah seperti klenteng, tetapi setelah masuk ke dalamnya nuansa masjidnya sangat terasa. Jadi ini merupakan perpaduan budaya Tiongkok dengan Islam.

Masjid Cheng Ho merupakan salah satu masjid tertua dari 4 masjid dengan arsitektur khas Tiongkok yang ada di Jawa Timur. Jadi, jika anda penasaran dengan masjid ini, silahkan mampir untuk beribadah atau sekedar berwisata dan berfoto foto di sini. (Els)