BERBAGI
Foto: Ilustrasi

Warta Nasional —  Musim hujan datang mendatangkan berbagai macam penyakit. Perubahan dan meningkatnya suhu membuat tubuh rentan terhadap batuk, demam, demam dan penyakit pernafasan lainnya.

Sistem kekebalan yang kuat dapat membantu untuk menikmati hujan tanpa jatuh sakit pada setiap waktu, sedangkan Imunitas adalah kemampuan untuk melawan penyakit dengan bantuan beberapa sel dan antibodi khusus.

Untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang baik, faktor yang paling penting adalah diet sehat. Seperti dilansir dilaman blodsky, Selasa (13/6). Berikut adalah beberapa makanan yang dapat menjaga tubuh dari penyakit:

1.Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti almond, hazelnut, walnut atau mete yang kaya akan berbagai nutrisi yang membantu kekebalan tubuh. Kacang-kacangan adalah sumber bioflavonoid, selenium, seng, vitamin C dan vitamin E.

2.Yogurt

Probiotik (bakteri ramah) dalam yogurt dapat membantu sistem pencernaan serta dapat melawan mikroba menular. Yogurt juga dapat membantu dalam pencernaan yang diperkaya dengan vitamin D.

3. Sayuran Berdaun Hijau Tua

Sayuran berdaun hijau seperti kubis, brokoli dan bayam kaya akan vitamin E, C, A dan folat. Sedangkan vitamin E adalah anti oksidan yang kuat yang dapat meningkatkan kekebalan pada orang tua, vitamin C dapat meningkatkan produksi sel darah putih.

4. Sup

Nikmati semangkuk sup panas, sebaiknya ayam, jika Anda bukan sayuran. Ayam, karena protein bisa meningkatkan kekebalan tubuh karena Sup panas bisa menguraikan bagian hidung serta jahe dan bawang putih bisa membatu dalam proses pencernaan.

5. Teh hijau

Penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Tambahan seperti kayu manis dan kapulaga dalam teh hijau, hal ini dapat memberi kelegaan dari sakit tenggorokan. Teh hijau juga kaya akan anti oksidan.

6. Buah musiman

Buah musiman seperti pisang, plum, ceri, persik, delima adalah adalah buah-buahan yang menyimpanan nutrisi. Vitamin dan mineral sangat penting agar sistem kekebalan tubuh berfungsi dengan baik. Peran buah musiman ini bervariasi dari menjaga lapisan kulit dan membran yang sehat, serta untuk meningkatkan jumlah sel T.

7. Gooseberry (Amla)

Amla mengandung sejumlah vitamin C, anti oksidan polifenol dan flavanol. Ini adalah anti mikroba dan anti inflamasi. Amla dengan madu adalah obat tradisional namun ampuh untuk sakit tenggorokan dan dingin.

8. Jahe

Jahe memiliki sifat anti bakteri dan anti virus. Ini bisa beraksi melawan flu dan kedinginan. Sifatnya dalam membantu pencernaan akan berguna saat menderita penyakit lambung. (WN-013)

Editor: Fifit D