BERBAGI
Foto: Ilustrasi

JAKARTA, ANTARA JATENG – Instagram menghadirkan fitur baru Archive yang memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan foto jika tidak ingin pengguna lain melihat foto tersebut tanpa harus menghapusnya.

“Profil Anda adalah representasi dari siapa Anda dan berkembang seiring dengan waktu Anda. Dengan Archive, Anda sekarang memiliki lebih banyak fleksibilitas untuk membentuk profil Anda sambil tetap menjaga momen yang penting,” tulis Instagram dalam postingannya memperkenalkan fitur Achieve.

Dengan menekan tombol Opsi (…) di bagian pojok kanan atas pada foto akan muncul pilihan baru Archive, pilih, kemudian foto akan hilang dari timeline profile, dan berpindah ke folder pribadi.

Folder pribadi Archive berada di pojok kanan atas profil dengan ikon seperti rewind. Dari situ, Anda dapat melihat foto yang telah Anda simpan, dan hanya Anda sendiri yang dapat melihat foto tersebut.

Jumlah postingan pun tetap sama meski telah dipindahkan ke folder Archive.

Saat ANTARA News menjajal fitur tersebut, foto dalam Archive dapat dikembalikan ke timeline profile di tempat yang sama dengan kembali menekan tombol Opsi pada pojok kanan atas foto dan menekan pilihan “Show on Profile.”

Tidak hanya pada foto tunggal, fitur tersebut juga dapat digunakan untuk multiple foto. Selain foto, fitur tersebut juga berlaku untuk video.

“Dengan pembaruan ini, Anda sekarang memiliki ruang hanya untuk Anda, di mana Anda dapat mengunjungi kembali momen tanpa harus menyimpan semuanya di profil Anda,” tulis @instagram.

Pembaruan tersebut tersedia sebagai bagian dari Instagram versi 10.21 dan yang lebih baru untuk iOS di Apple App Store dan untuk Android di Google Play Store. (Ant)