BERBAGI
Foto: Ilustrasi

Warta Nasional — Sebagian besar penyakit sistem pernafasan berasal dari gangguan Kapha (dahak). Dan bila seseorang memiliki kelebihan dahak, maka ia akan mengalami flu, bronkitis, asma.

Flu merupakan penyakit menular yang bisa menyerang saluran pernafasan jika tidak diurus, iritasi saluran pernafasan biasanya disebabkan oleh Kapha Dosha yang parah (seperti makanan dingin atau berat berlebih). Seperti dilansir dilaman blodsky, Kamis (15/6). Berikut adalah beberapa solusi untuk menyembuhkan flu:

1.Serbuk Sitopaladi

Bila hidung tersumbat maka ada cara alami untuk mengatasi hidung tersumbat, yakni dengan mencampurkan 1/2 sdt bubuk sitopaladi, lalu tambahkan sudarshan ke dalam campuran. Selanjutnya, sertakan 1/2 sdt madu untuk mempermanis campuran. Campuran ini harus diminum setiap beberapa jam sekali agar gejala flu (influenza) hilang.

2. Akar jahe

Akar jahe memberi rasa hangat di dalam tubuh, juga berkhasiat dalam menyembuhkan flu, berikut cara untuk menangkal flu. Pertama, rendam 2 bagian akar jahe segar beserta 3 bagian kayu manis dalam secangkir air panas. Selanjutnya, tambahkan sejumput kapulaga dan ½ sdm madu sebelum diminum. Teh ini harus diminum beberapa kali dalam sehari.

3. Daun Eucalyptus

Pengobatan ayurveda bekerja dengan baik untuk mereka yang menderita flu atau flu (gejala influenza). Pertama, rebus 4 gelas air dan tambahkan daun kayu putih ke dalamnya. Pastikan menghirup uap untuk membersihkan tubuh dari gejala flu, Anda bahkan bisa menambahkan bubuk jahe bukan daun kayu putih. Keduanya bekerja dengan cara yang sama.

4. Bubuk Lada Panjang

Sebenarnya influenza disebabkan oleh virus dan menyarankan inkubasi untuk pasien selama 5 sampai 10 hari. Flu umumnya menyerang saat terjadi perubahan musim. Anda bisa mengobati batuk kering dan radang hidung (gejala influenza) dengan mengikuti pengobatan alami. Caranya dengan mengambil setengah sendok teh bubuk lada panjang lalu dicampur dengan 2 sendok teh madu dan setengah sendok  jus jahe. Minumlah beberapa kali dalam sehari.

5. Daun Tulsi

Daun Tulsi ternyata berkhasiat  untuk menangkal flu dan juga memobilisasi dan mengusir lendir di bronkitis. Caranya dengan blender 10 lembar daun tulsi hingga jadi jus lalu tambahkan 1 sendok madu.

6. Kapulaga

Penggunaan rempah-rempah seperti jinten, kapulaga, kunyit dan ketumbar dalam makanan sehari-hari dapat menggagalkan penyakit umum seperti, flu, sembelit, demam, sakit kepala, dll. Asupan kapulaga bermanfaat dalam menyembuhkan masalah pernafasan, teh kapulaga bersama dengan kayu manis, lada dan semanggi bisa menangkal masalah paru-paru. Bahkan berkumur dengan teh kapulaga bisa meminimalisasi gejala influenza. (WN-015)

Editor: Fifit D