BERBAGI
Foto: Ilustrasi

GARUT, Warta Nasional — Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat telah menyiapkan jalan alternatif lain untuk mengatasi kemacetan arus lalu lintas di jalur selatan Jabar pada musim arus mudik dan balik Hari Raya Lebaran 2017.

“Ada tujuh langkah antisipasi yang akan kami digunakan, nanti akan kami sinergikan,” kata Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Jabar, AKBP Faizal, di Garut, Jumat (16/6).

Faizal mengatakan, Polda Jabar sudah menata jalur selatan untuk meminimalisasi kepadatan arus kendaraan pada musim mudik dan balik Lebaran.

“Kami akan memberlakukan satu arah, penahanan kendaraan hingga pengalihan jalur agar kendaraan tidak menumpuk di satu titik,” tuturnya.

Lanjut Faizal mengatakan, Alternatif yang akan disiapkan polda jabar yakni mulai dari one way atau satu arah, penahanan kendaraan, hingga pengalihan jalur.

“Pengaturan lalu lintas pada musim Lebaran itu membutuhkan kerjasama dengan seluruh jajaran Polres dan instansi terkait yang terlibat dalam pengamanan mudik,” ujarnya.

Pengamanan Lebaran itu, kata Faizal, merupakan operasi kemanusiaan sehingga seluruh pihak terkait harus berkoordinasi dengan baik.

“Saya minta semua satuan harus bekerja sama, kami pun tentu berkoordinasi dengan Polda Jateng jika ada peningkatan kendaraan dari Jabar,” jelasnya.

Faizal menambahkan, pentingnya koordinasi antar-polres agar setiap pelaksanaan tugas pengaturan jalan tidak berbenturan yang akhirnya tidak menjadi solusi.

“Demi kelancaran para pemudik, nantinya setiap Polres baik Bandung, Garut, Tasik sampai ke perbatasan Jateng harus saling berkoordinasi,” pungkasnya. (WN-017)

Editor: Fifit D