BERBAGI
Foto: Ilustrasi

BANDUNG, Warta Nasional — Lonjakan pemudik bermotor yang melintasi jalur selatan Kota Bandung, Jawa Barat, menuju wilayah Garut, Tasikmalaya, Ciamis, dan sekitarnya, diprediksi akan terjadi pada H-3 Lebaran 2017.

“Diprediksi H-3 sampai dengan H+3 warga Bandung akan mudik ke kampung halaman,” kata Kasatlantas Polrestabes Bandung, AKBP Mariyono, di Bandung, Minggu (18/6).

Mariyono mengatakan, arus pemudik yang melintasi Cibiru masih tergolong normal. Meski terdapat kepadatan, namun menurutnya, hal itu merupakan arus kendaraan warga lokal.

“Saat ini Cibiru masih dalam kategori lancar belum terjadi lonjakan, arus mudik diprediksi mudik lokal,” ujarnya.

Lanjut Mariyono menambahkan, salah satu faktor penyebab kemacetan di Cibiru yakni adanya penyempitan jalur dari Soekarno Hatta dan Ujung Berung dari enam jalur menjadi dua jalur dari arah Cinunuk.

“Untuk mengurai kemacetan kami telah memberlakukan cara penanganan 31, yakni Tiga (lajur) ke arah Cileunyi dan satu arah ke Bandung,” terangnya.

Saat ini kemacetan justru terjadi di pusat-pusat perbelanjaan, kata Mariyono, serta tempat wisata seperti di Cihampelas, Alun-alun Bandung, Cipaganti, dan Asia Afrika.

“Kemacetan di sekitar pusat perbelanjaan. Kota Bandung bukan lintasan mudik tapi jalur wisata. Makanya prediksi ramai H+3,” pungkasnya. (WN-019)

Editor: Fifit D