BERBAGI

JAKARTA, Warta NAsional – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melepas sebanyak 10.395 peserta program mudik gratis yang diangkut dengan 231 bus, sementara motor-motor pemudik diangkut menggunakan 54 bus dari Pantai Karnaval Ancol, Jakarta, Kamis (22/6).

“Saya sangat berbahagia melihat lambaian tangan, senyum dan sorot mata pemudik yang memberikan rasa bahagia, ini yang diharapkan Bapak Presiden melalui mudik guyub rukun,” katanya dalam sambutannya di Jakarta.

Ia mengatakan program mudik gratis tahun ini lebih baik dari tahun lalu karena animo masyarakat sangat tinggi, sehingga melebihi kuota.

Ia menambahkan bahwa selain guyub rukun, mudik gratis tersebut juga mengandung unsur edukasi, yaitu dengan tidak menggunakan sepeda motor saat mudik dan ketika menggunakannya di kampung harus tertib.

“Kalau enggak patuh lalu lintas itu sama saja, pastikan kendaraan itu kondisinya selalu baik dan juga berkendara ramah anak,” katanya.

Dia berharap tahun depan akan lebih meningkat lagi jumlah peserta mudik motor gratis, terutama untuk moda laut.

Budi menyebutkan tahun ini tercatat peserta mudik mendekati 300.000 orang atau hampir dua kali lipat dari tahun lalu.

“Kita mengedukasi operator bus-bus menertibkan anggotanya agar tertib dan mengoperasikan bus-bus yang laik,” katanya.

Ia mengaku bahwa moda bus memiliki keterbatasan, yaitu waktu ketibaan yang tidak pasti karena terhadang kemacetan, karena itu Ia menawarkan solusi dengan moda laut.

“Tahun ini sifatnya masih persuasif, tahun depan akan kita akan lebih lugas untuk mengajak masyarakat agar ikut mudik gratis kapal laut, enak, dapat makan gratis dan bisa dangdutan,” katanya.

Dalam kesempatan sama, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Pudji Hartanto Iskandar menyebutkan mudik motor gratis tahun ini meningkat hingga 175 persen dibandingkan tahun lalu hanya 80 persen secara keseluruhan.

Sementara itu, untuk mudik gratis motor menggunakan bus, yaitu meningkat 115 persen dengan total jumlah peserta 38.127 orang dengan 2.504 motor atau naik 101,9 persen.

“Diharapkan bisa memberikan pelayanan lebih baik tahun ini karena kami juga menampilkan pentas budaya, angklung untuk keberangkatan ini agar masyarakat lebih semangat,” katanya.

Pemberangkatan peserta mudik gratis serta motornya telah dilakukan sejak 19 hingga 23 Juni 2017, dengan pemberangkatan motor di Pasar Kemis, Kantor Bulog Divre I Kelapa Gading dan lainnya. (Ant)