BERBAGI
Jama'ah Haji, Foto : Istimewa

SOLO, Warta Nasional — Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Solo telah memulangkan 1.433 haji Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta ke daerahnya masing-masing dari 33.892 orang yang diberangkatkan ke Tanah Suci.

Kepala Humas PPIH Debarkasi Solo Afief Mundzir di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Jumat mengatakan jamaah haji yang sudah dipulangkan ke daerahnya ada empat kloter dengan total sebanyak 1.433 orang.

Afief Mundzir mengatakan empat kloter tersebut, yakni pertama asal Banjarnengara yang tiba di Bandara Adi Soemarmo Boyolali, Kamis (7/9) pukul 09.41 WIB, kemudian disusul kloter (Purbalingga) pada pukul 20.07 WIB, dan Kloter Tiga (Cilacap) pukul 20.21 WIB.

“Rombongan jamaah haji kloter empat asal Kabupaten Banyumas tiba di Bandara Adi Soemarmo, Jumat (8/9), pada pukul 01.40 WIB,” kata Afief Mundzir.

Jamaah haji Kloter Empat asal Banyumas dengan jumlah 360 orang bersama petugas pendamping setiba di bandara langsung dibawa ke Asrama Haji Donohudan untuk dilakukan acara serah terima ke panitia daerah untuk dipulangkan ke rumah masing-masing.

Berdasarkan data yang diterima melalui Sistem Komputerisasi Ibadah Haji (Siskohaj) di Asrama Haji Donohudan Boyolali, hingga Jumat ini, menyebutkan jumlah haji yang meninggal dunia di Tanah Suci bertambah satu orang, sehingga totalnya menjadi 46 orang.

Menurut Afief Mundzir satu orang haji yang meninggal dunia di Tanah Suci tersebut, yakni Koentjoeng Soejitnotirto Pawiro (76), warga Weton Kulon RT 01 RW 02 Kabupaten Kebumen.

Jamaah yang tergabung Kloter 57 tersebut dilaporkan meninggal dunia di Pemondokan Mekah Arab Saudi, pada Kamis (7/9) akibat menderita sakit, dan jenazahnya dimakamkan di tempat pemakaman umum Sharayya Mekah.

PPIH Debarkasi Solo pada kegiatan pemulangan jemaah haji ke Tanah Air, Jumat ini, dijadwalkan memulangkanjamaah dua kloter, yakni lima asal Kota Pekalongan dan enam asal Kabupaten Tegal.

Rombongan haji Kloter Lima asal Kota Pekalongan dijadwalkan tiba di Tanah Air, sekitar pukul 17.00 WIB dan kemudian disusul Kloter Enam sekitar pukul 18.00 WIB. (Ant)