BERBAGI

SURABAYA, Warta Nasional — Setelah membangun SMAN Taruna Nala di Malang bekerja sama dengan TNI Angkatan Laut, Dinas Pendidikan Jawa Timur berencana menggandeng TNI Angkatan Udara (AU) untuk membangun SMA Taruna Dirgantara di Madiun.

Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur Saiful Rachman di Surabaya, Selasa (17/10), mengatakan pemerintah daerah masih menjajaki kerja sama dengan TNI AU untuk membangun sekolah itu.

Gubernur Jawa Timur, ia menjelaskan, juga sudah mengizinkan kerja sama pembangunan sekolah dengan fokus pendidikan kedirgantaraan itu.

Sedang kita siapkan permohonan kerja sama dengan Kepala Staf TNI AU melalui surat persetujuan dari Gubernur Jatim, kata Saiful.

Sekolah tersebut rencananya akan dibangun di kompleks SMAN 3 Madiun, yang sudah memiliki asrama untuk mendukung penyelenggaraan pendidikan sekolah berasrama dengan pendampingan langsung dari TNI AU.

“Selama ini asramanya tidak terpakai. Jadi nanti akan kita perbaiki lebih dulu,” kata Saiful.

Mantan Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Jawa Timur itu mengatakan pemerintah daerah menargetkan pembangunan SMAN Taruna Dirgantara bisa dimulai pada tahun ajaran baru mendatang dengan daya tampung awal sama seperti SMAN Taruna Nala yakni 180 siswa.

“Akan kita buat sama dengan SMAN Taruna Nala. Metode pendidikan dan semuanya akan mirip di sana,” kata Saiful.(Ant)