BERBAGI

JEMBER, Warta Nasional — Rombongan Tim Nasional Indonesia U-19 mengunjungi beberapa sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA) di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Jumat (20/10).

“Kedatangan kami ke sekolah-sekolah di Jember untuk memberikan motivasi kepada para pelajar, agar semangat menggapai cita-cita di bidangnya masing-masing,” kata Asisten Pelatih Timnas Indonesia U-19 Guntur Cahyo Utomo di SMP Negeri 7 Jember.

Rombongan Timnas mengunjungi sejumlah sekolah yakni SMP Negeri 7 Jember, SMP Negeri 5 Jember, SMA Negeri 2 Jember, SMA Muhammadiyah 3, SMAK Santo Paulus, SMA Negeri 1 Jember, dan SMA Negeri 5 Jember.

“Kami berbagi pengalaman dan memberikan semangat khususnya para atlet di SMP Negeri 7 Jember untuk giat belajar, bekerja keras, dan berdoa untuk mewujudkan cita-citanya, sehingga kehadiran Timnas di sekolah dapat memotivasi mereka,” tuturnya.

Guntur juga mengajak kesediaan seluruh siswa khususnya para atlet untuk mengharumkan nama Indonesia dan bersedia membela tanah air ketika dibutuhkan suatu saat nanti dengan latihan keras dan tidak mudah patah semangat.

“Timnas juga memohon doa restu karena kedatangan Timnas di Jember juga dalam rangka persiapan pertandingan babak kualifikasi melawan Korea Selatan, sehingga dukungan dan doa warga Jember juga dibutuhkan,” katanya.

Ia berharap kedatangan Timnas U-19 dapat memberikan pengaruh baik untuk kemajuan persepakbolaan di Kabupaten Jember dan diharapkan suatu saat ada bibit muda di Jember bisa bergabung di Timnas.

Pemain Timnas Witan Sulaiman mengaku senang bisa mengunjungi SMP Negeri 7 Jember dengan bertemu para pelajar untuk memberikan suntikan motivasi, terutama atlet sepak bola di sekolah setempat.

“Kami senang bisa memberikan motivasi kepada adik-adik pelajar dan sambutannya sangat luar biasa,” katanya.

Selain berkunjung ke sejumlah sekolah, pelatih Timnas Indonesia U-19 Indra Sjafri juga menggelar klinik kepelatihan yang diperuntukkan bagi 842 orang guru olahraga dan atlet tingkat SMP dan SMA di Gedung Serbaguna Kaliwates Jember.

Promotor pertandingan Timnas U-19 melawan Persid Jember, Agus Supriyadi, mengatakan kunjungan Timnas diharapkan dapat memotivasi siswa sekolah yang dikunjungi, dan kebanggaan bagi masyarakat Jember didatangi Skuad Garuda Nusantara.

“Untuk coaching clinic bertujuan agar guru olahraga bisa membentuk seorang atlet untuk bisa menjadi bagian dari tim nasional sepak bola,” ujarnya. (Ant)