BERBAGI

JAKARTA, Warta Nasional — Kementerian Perindustrian menggelar Pameran Kulit, Produk Kulit dan Alas Kaki bertema Local Goods for Lifestyle di plasa Kemenperin, Jakarta, pada 7-10 November 2017.

“Saya menyambut baik atas prakarsa ini. Pameran kulit, Produk Kulit dan Alas Kaki 2017 sebagai salah satu komoditi prioritas Ditjen Industri Kecil Menengah (IKM),” kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri Kemenperin Ngakan Timur Antara di Jakarta, Selasa (7/11).

Pameran yang dibuka pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB ini, menampilkan berbagai produk, mulai dari tas, dompet, kantong kecil, sepatu hingga aksesori berbahan dasar kulit.

Ngakan menyampaikan, industri kreatif di Indonesia sudah memberikan kontribusi yang baik untuk membantu perekonomian nasional, yang dapat terlihat dari meningkatnya jumlah industri kreatif di Indonesia.

Sektor industri kreatif alas kaki dan kulit, lanjutnya, mengalami perkembangan dengan cepat, di mana investasi industri ini melesat nyaris empat kali lipat menjadi Rp7,62 triliun dibandingkan tahun lalu.

Untuk itu, Ngakan mendorong agar IKM sektor industri kulit, produk kulit dan alas kaki memanfaatkan pemasaran secara online melalui Program e-Smart IKM.

“Ide dasar e-Smart IKM berasal dari keprihatinan akan maraknya produk-produk impor yang beredar, baik di marketplace maupun e-commerce. Sehingga, e-Smart IKM bertujuan agar produk IKM dalam negeri dapat menjadi showcase produk sendiri,” papar Ngakan.

Saat ini, tambahnya, produk-produk unggulan e-Smart IKM sudah terakses melalui Bukalapak.com dan Blanja.com, serta akan terus ditingkatkan kedalam program e-commerce pada umumnya. (Ant)