BERBAGI

MUKOMUKO, Warta Nasional — Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, tahun 2018 memprogramkan tes darah ibu hamil dalam rangka deteksi dini penyakit HIV/AIDS di daerah itu.

“Kami memprogramkan tes HIV/AIDS bagi ibu hamil tahun 2018,” kata Kabid Pemberantasan Penyakit Menular dan Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Dolatta Karo Karo di Mukomuko, Sabtu (11/11/2017).

Pemerintah setempat melalui Dinas Kesehatan setempat tahun ini telah melakukan pemeriksaan dan survei darah jari untuk mendeteksi apakah warga masyarakat setempat tertular penyakit HIV/AIDS.

“Instansinya tahun tahun ini melakukan tes HIV/AIDS terhadap lebih dari sebanyak 700 orang warga setempat,” ujarnya.

Ia menyatakan, tahun depan ibu hamil dan ibu menyusui yang datang di pos pelayanan terpadu (Posyandu) yang tersebar di 15 kecamatan di daerah itu.

“Melakukan deteksi dini untuk mengantisipasi penyebaran penyakit tersebut di daerah ini dari sejumlah warga yang sudah terkena HIV/AIDS,” PAPARNYA

Ia mengatakan, instansinya tahun ini melakukan kegiatan pemeriksaan sample darah warga secara umum di sejumlah lokasi yang keramaian, termasuk di sejumlah perusahaan di daerah itu.

Ia menyatakan, seluruh warga yang mengikuti tes ini mengetahui tujuan instansinya, yakni untuk memastikan warga tersebut positif atau negatif menderita HIV/AIDS.

“Kami sampaikan tujuannya untuk pemeriksaan dan survey darah jari untuk mendeteksi apakah warga masyarakat setempat tertular penyakit HIV/AIDS,” ujarnya.

Ia mengatakan, ada sebagian warga masyarakat setempat yang keberatan mengikuti tes ini, sehingga mereka memilih untuk tidak memberikan darah jarinya. (WN-011)