BERBAGI
Penyerang Arsenal Theo Walcott, Foto: Istimewa

Warta Nasional — Penyerang Arsenal Theo Walcott tidak lama lagi bergabung dengan Everton dengan nilai 20 juta poundsterling (sekitar Rp368 miliar) setelah berangkat ke Merseyside untuk menjalani pemeriksaan medis saat pelatih Everton Sam Allardyce berusaha untuk meningkatkan opsi lini serangnya.

Asosiasi Pers Inggris melaporkan bahwa pemain berusia 28 tahun itu dijadwalkan hadir di tempat latihan Finch Farm pada Selasa (16/01) untuk menjalani pemeriksaan fisik dan merampungkan transfernya.

“Kecepatannya adalah salah satu kekuatan utama miliknya yang tidak kita miliki dalam skuat ini,” kata Allardyce pekan lalu. “Kami kesulitan mencetak gol jadi menambah kekuatan di lini serang sangat penting bagi saya,” ujarnya seperti dikutip AFP.

Walcott, yang telah mencetak 108 gol dalam 397 pertandingan untuk Arsenal, dianggap surplus pemain di Emirates Stadium yang hanya tampil 16 kali musim ini. Dia belum pernah tampil di Liga Premier Inggris yang dimulai sejak April.

Kedatangan Walcott akan menjadi pembelian kedua Allardyce pada bursa transfer saat ini.

Penyerang Cenk Tosun, yang didatangkan dengan nilai 28 juta poundsterling (sekitar Rp512 miliar) dari Besiktas, memulai debutnya pada akhir pekan, bermain satu jam saat kalah 0-4 oleh Tottenham.

“Theo tidak terlalu berisiko (seperti Tosun) karena dia sudah terbukti,” tambah Allardyce. “Dia mencetak 100 gol untuk Arsenal dan juga membuat banyak assist.” (Ant)