BERBAGI

PUTUSSIBAU, Warta Nasional —  Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu, melalui Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata saat ini mulai mempersiapkan pelaksanaan Festival Danau Sentarum yang akan kembali dilaksanakan pada Oktober 2018.

“Kami sudah mulai menyusun rencana – rencana kegiatan melalui rapat internal melibatkan mitra pariwisata dan pihak NGO,” kata Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kapuas Hulu, Antonius ketika ditemui di Putussibau, Kapuas Hulu Kalimantan Barat, Senin (5/2).

Menurut Antonius, tahun ini pelaksanaan Festival Danau Sentarum akan digelar pada 27 – 29 Oktober, dengan kemasan yang berbeda dari festival tahun lalu.

Untuk itu, kata Antonius perlu persiapan matang, karena target festival itu menarik perhatian wisatawan luar.

“Jika kita evaluasi Festival Danau Sentarum tahun lalu, masih banyak yang harus kita benahi, bahkan kita minta agar seluruh elemen baik masyarakat dan SKPD pemerintah dapat lebih mendukung kegiatan tersebut,” kata Antonius.

Dia mengatakan, untuk Festival Danau Sentarum tahun ini ada beberapa kegiatan yang ditambahkan, namun semuanya masih direncanakan, termasuk koordinasi dengan semua pihak terkait, terutama Imigrasi sebab itu berkaitan dengan keluar masuknya wisatawan luar.

Namun, yang tidak kalah pentingnya menurut Antonius, kesiapan masyarakat itu sendiri, mesti bisa memahami tujuan festival itu.

“Jika kita lihat memang membantu ekonomi masyarakat, tetapi masih banyak juga masyarakat yang tidak bisa membaca peluang,” jelasnya. (Ant)