BERBAGI
Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Moazzam Malik

JAKARTA, Warta Nasional — Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik menargetkan 100 mahasiswa Indonesia dapat menerima beasiswa Chevening dalam kurun waktu tiga tahun ke depan untuk menempuh studi pascasarjana di Inggris.

“Kami masih `on schedule`, saya harap untuk meningkatkan lagi jumlah penerima beasiswa, harapan kami 2-3 tahun bisa mencapai seratus,” kata Dubes Malik dalam acara Kumpul Tahunan Alumni Chevening Indonesia di Jakarta, Rabu (7/2) malam.

Pemerintah Inggris telah meningkatkan jumlah kuota penerima beasiswa Chevening untuk masyarakat Indonesia menjadi 70 orang sejak 2015.

Menurut Dubes Malik, jumlah tersebut telah naik tiga kali lipat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

“Kelompok 70 itu sudah menjadi negara terbesar ke empat penerima beasiswa pemerintah Inggris setelah India China dan Brasil,” kata dia.

Peningkatan tersebut, lanjut Malik, merupakan bentuk investasi pemerintah Inggris bagi masa depan Indonesia yang dinilai memiliki potensi yang sangat tinggi, baik bagi dalam negeri, kawasan, maupun dunia.

“Jadi kami telah berinvestasi yang besar untuk sumber daya manusia Indonesia karena kami sadar Indonesia memiliki potensi yang besar, salah satu negara yang memiliki peran penting untuk kesejahteraan dan perekonomian dunia,” kata dia.

Untuk mencapai target 100 mahasiswa Indonesia penerima beasiswa Chevening, pihak Kedutaan Besar Inggris terus menggalang sponsor dari berbagai pihak, baik dari Indonesia maupun Inggris.

“Upaya ini juga didukung sponsor, ada Kementerian Informatika, bank CIMB Niaga, ada juga beberapa universitas,” kata Malik.

Dalam acara Kumpul Tahunan Alumni Chevening Indonesia tersebut Duta Besar Inggris yang fasih berbahasa Indonesia itu juga menyampaikan harapannya agar para alumni dapat berkontribusi dalam memajukan kerja sama dan persahabatan kedua negara.

“Kami menantikan bekerja bersama dengan Anda untuk meraih potensi Indonesia dan tentu sana, tolong bantu saya mewujudkan motto saya `kerja bersama, berhasil bersama`,” kata dia.

Kumpul tahunan yang diselenggarakan Kedutaan Besar Inggris di Jakarta tersebut juga menjadi acara penyambutan kepulangan 70 mahasiswa pascasarjana Indonesia penerima beasiswa Chevening angkatan 2016-2017 yang belajar di berbagai universitas di Inggris.

Saat ini Indonesia memiliki lebih dari 1.400 alumni Chevening sejak beasiswa tersebut ditawarkan pemerintah Inggris pada 1986.(Ant)