BERBAGI

Warta Nasional — Google meluncurkan aplikasi surat elektronik Gmail versi ringan, Gmail Go, agar pengguna mereka dapat mengakses surat yang masuk secara reguler melalui perangkat berkinerja rendah.

Google menjanjikan Gmail Go berukuran ringan sehingga performa lebih cepat karena membutuhkan lebih sedikit daya, seperti diberitakan laman Phone Arena, Kamis.

Seperti aplikasi Go lainnya, versi ringan umumnya tidak memiliki fitur yang lengkap seperti yang ada di versi reguler. Gmail Go mendukung multi akun, 15GB penyimpanan gratis, anti-spam dan apa yang mereka sebut “kotak surat pintar”.

Gmail Go saat ini belum tersedia untuk semua negara dan belum tentu sesuai dengan seluruh perangkat Android. Diperkirakan Google akan merilis Gmail Go mulai beberapa minggu mendatang.

Gmail Go menambah deretan aplikasi ringan versi Google yang ditujukan untuk perangkat berkinerja rendah maupun negara yang memiliki keterbatasan jaringan internet.

Hingga saat ini, Google sudah mengeluarkan versi ringan untuk YouTube, Assistant dan Gboard untuk perangkat Android yang memakai RAM kurang dari 1GB. (Ant)