BERBAGI
Pebalap Ferrari, Sebastian Vettel

Warta Nasional — Pebalap Ferrari Sebastian Vettel mengukir catatan bagus pada tes pramusim Formula 1 pada Kamis, dengan mencatatkan waktu putaran tercepat di Circuit de Catalunya, Barcelona.

Kesempatan selanjutnya bagi juara dunia empat kali ini untuk berada di belakang setir adalah pada latihan Jumat di Albert Park, Melbourne, pada 23 Maret.

“Catatan waktu pada hari-hari tes ini tidak berarti banyak,” kata pebalap Jerman itu, mengecilkan catatan waktu satu menit 17,182 detik, yang diukir dengan menggunakan ban-ban “hypersoft” yang baru. “Hal yang penting adalah bahwa (mobil) SF17H terbukti sangat kuat, membuat kami dapat melaju sepanjang hari tanpa masalah-masalah signifikan.”

“Kami masih mengerjakan beberapa hal untuk balapan pertama dan benar-benar tidak mungkin untuk membuat prediksi berdasarkan performa tim-tim lain, karena semuanya menjalankan program yang berbeda,” tambahnya.

Catatan waktu Vettel lebih cepat satu detik dibanding yang lain dan melampaui catatan terbaik sebelumnya, sejak sirkuit Barcelona dikonfigurasi ulang pada 2007, yakni catatan 1:18,047 yang diukir pada Rabu oleh pebalap Red Bull asal Australia Daniel Ricciardo.

Baik Red Bull atau juara bertahan Mercedes tidak fokus pada catatan waktu lap, di mana mereka lebih berkonsentrasi pada simulasi-simulasi balap, dan Mercedes tidak merasa perlu untuk mencoba ban “hypersoft.”(Ant)