BERBAGI
Foto: Ilustrasi

JAKARTA, Warta Nasional — Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Selasa (13/3) pagi bergerak melemah tipis sebesar tujuh poin menjadi Rp13.753 dibanding posisi sebelumnya Rp13.746 per dolar AS.

Analis Binaartha Sekuritas Reza Priyambada di Jakarta mengatakan bahwa pergerakan nilai tukar rupiah relatif masih stabil, sentimen mengenai rencana pemerintah untuk menaikan subsidi bahan bakar minyak akan menjaga daya beli masyarakat yang akhirnya juga menjaga pertumbuhan ekonomi nasional.

“Dalam fluktuasi harian rupiah memang berada dalam area pelemahan, namun itu relatif masih stabil seiring ekonomi nasional yang kondusif,” katanya.

Ia menambakan bahwa pergerakan dolar AS saat ini juga sedang dibayangi data penggajian pekerjaan di Amerika Serikat yang lebih rendah dari sebelumnya. Indeks upah rata-rata di bulan Februari hanya naik 0,1 persen, lebih lambat dari Januari yang sebesar 0,3 persen.

“Sehingga kondisi itu dapat menahan laju dolar AS lebih tinggi dan berpotensi mengalami pembalikan arah,” tandasnya. (Ant)