BERBAGI
Pemain Barcelona Lionel Messi

Warta Nasional — Lionel Messi mencetak gol keseratusnya dalam Liga Champions setelah menyumbangkan dua gol ketika Barcelona menggebuk Chelsea 3-0 dalam pertandingan leg kedua babak 16 Besar kompetisi ini sehingga Barca maju ke perempatfinal dengan agregat 4-1.

Dua pekan sebelumnya di London, kedua tim bermain seri 1-1. Chelsea yang tak kalah menyengat dari tuan rumah dengan beberapa kali melancarkan tekanan, tidak mampu mengatasi kedahsyatan Barcelona yang mencetak gol lewat Messi dan Ousmane Dembele.

Tuan rumah langsung menggebrak lewat gol dini pada menit 3 babak pertama setelah Lionel Messi melepaskan tendangan kaki kanannya yang diarahkan ke sudut sulit di sebelah kanan pojok kanan gawang Chelsea yang meluncur di antara dua kaki kiper Thibaut Courtois, usai meneruskan assist Luis Suarez.

17 menit kemudian pada menit 20, upaya Eden Hazard yang menerima umpan dari Cesc Fabregas, dihadang barisan pertahanan Barca. Beberapa detik kemudian, Lionel Messi merancang gol kedua Barcelona dari skema serangan balik yang dituntaskan oleh Ousmane Dembele. Pada menit 37 dan 38, Chelsea menciptakan tiga peluang gol lewat Marcos Alonso, Olivier Giroud dan N’Golo Kante. Alonso nyaris memperkecil kedudukan jika bola hasil tendangannya tidak membentur gawang Barcelona, sedangkan Giroud tak beruntung mendapatkan hadiah penalti ketika dia diganjal Gerard Pique di kotak terlarang.

Chelsea yang relatif bisa mengimbangi Barcelona dengan menguasai 44 persen distribusi bola dan melepaskan 14 upaya gol yang tiga di antaranya tepat menyasar gawang ketika Barca hanya menciptakan 8 peluang gol, tak bisa menembus gawang Barcelona.

Pada menit 63, justru Barcelona yang memparipuranakan dominasi dan keditjayaan mereka atas Chelsea dengan 3-0 setelah Messi menciptakan gol keduanya pada pertandingan ini. Kali ini Mesi menciptakan gol lewat tendangan kaki kiri yang tepat mengarah ke tengah gawang Chelsea. Untuk kedua kalinya Messi menuntaskan assist yang dibuat Luis Suárez setelah melakukan manuver menawan dengan melewati tiga bek Chelsea yang diawali oleh blunder yang dilakukan Fabregas. Barcelona maju ke perempatfinal Liga Champions untuk kesebelas kali berturut-turut, sedangkan Chelsea sedang berjuang keras lolos lagi ke kompetisi ini dengan dituntut finis pada empat besar Liga Premier.(Ant)