BERBAGI
Kepala Eksekutif Facebook Inc Mark Zuckerberg

Warta Nasional — Dalam kesaksian Zuckerberg sebelum sesi gabungan antara Senat Kehakiman dan Komisi Perdagangan, CEO Facebook ditanya apakah perusahaannya saat ini memonopoli pasar.

Kekhawatiran tentang status monopoli Facebook telah muncul selama setahun terakhir, dengan meningkatnya seruan untuk memecah perusahaan. Senator Lindsey Graham pertama kali mengangkat isu monopoli; kemudian, Senator Dan Sulllivan mengatakan bahwa peraturan “dapat memperkuat kekuatan dominan,” menyiratkan bahwa dalam kasus ini, Facebook adalah kekuatan dominan.

“Siapa pesaing terbesar Anda?” Tanya Graham kepada Zuckerberg. CEO Facebook itu berjuang menjawab pertanyaan itu, menyebut Google, Apple, Amazon, dan Microsoft sebagai “overlap(ing)” dengan Facebook dengan cara yang berbeda.

“Jika saya membeli Ford, dan itu tidak berfungsi dengan baik, dan saya tidak suka, saya bisa membeli Chevy. Jika saya kesal dengan Facebook, produk setara apa yang dapat saya pakai?” Tanya Graham. Ketika Zuckerberg mencoba untuk memecah jenis layanan Facebook yang berbeda, Graham menegaskan kembali pertanyaannya.

“Saya tidak berbicara tentang kategori. Saya berbicara tentang persaingan nyata yang Anda hadapi. Karena perusahaan mobil menghadapi banyak persaingan. Mereka membuat mobil yang rusak, meluncur, orang-orang berhenti membeli mobil itu, mereka membeli yang lain. Apakah ada alternatif untuk Facebook di sektor swasta?”

Zuckerberg mencoba memberikan jawaban yang lebih panjang tentang bagaimana “rata-rata orang Amerika menggunakan delapan aplikasi berbeda” untuk terhubung dengan teman-teman mereka, mencoba membingkai Facebook hanya sebagai salah satu dari banyak aplikasi. Tak lama kemudian, Graham memotong untuk mengejar dan bertanya apakah Zuckerberg berpikir Facebook memonopoli. “Ini tentu tidak terasa seperti itu bagi saya,” jawab Zuckerberg. (Ant)