BERBAGI
Ridwan Kamil bersama Uu Ruzhanul Ulum.

BANDUNG, Warta Nasional — Hasil survei Citra Komunikasi Lingkaran Survei Indonesia (LSI Denny JA) menyatakan Uu Ruzhanul Ulum menggerus elektabilitas M Ridwan Kamil di Pilgub Jawa Barat 2018, Uu dan Ridwan Kamil merupakan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat nomor urut satu.

“Untuk elektabilitas personal, Ridwan Kamil unggul 40,8 persen, disusul Deddy Mizwar 38,9 persen, tapi saat dipasangkan, satu naik satu turun. Seperti Deddy Mizwar dipasangkan dengan Dedi Mulyadi itu (elektabilitasnya) naik di angka 43,2 persen. Sedangkan yang lain yakni Pasangan Ridwan Kamil dan Uu dipasangan itu malah turun jadi 39,3 persen ,” kata Direktur Eksekutif Citra Komunikasi Lingkaran Survei Indonesia (LSI Denny JA) Totol Izul Fatah, di Bandung, Minggu (15/3).

Menurut dia, rendahnya elektabilitas Ridwan Kamil ketika dipasangkan dengan Uu Ruzhanul Ulum di Pilgub Jawa Barat dikarenakan elektabilitas Uu sebagai calon wakil gubernur yang rendah, meskipun ada faktor-faktor lain yang ikut menyumbang penurunan tersebut.

“Yang pasti, jika tidak ada pergerakan yang luar biasa dari Pasangan Rindu (Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum), bukan mustahil ini akan menjadi sinyal lampu kuning yang bisa menyeretnya pelan-pelan kalah dalam pertarungan. Apalagi jika merujuk pada tren yang terus menurun. Tak mudah kandidat yang punya tren turun untuk rebound,” kata dia.(Ant)