BERBAGI
Foto: Ilustrasi

MANADO, Warta Nasional — Sekretaris Asosiasi Pengusaha Industri Kreatif Sulawesi Utara, Asep Rahman, mengatakan, rencana penutupan media sosial Facebook akan mengancam para pebisnis.

“Saat ini banyak pelaku usaha di Sulut yang mempromosikan hasil usahanya melalui media sosial facebook,” kata dia, di Manado, Jumat (20/4).

Dia juga menilai rencana penutupan Facebook akan menjadi pukulan bagi pelaku usaha. “Facebook itu sudah melekat dengan pelaku usaha, seharusnya diambil jalan tengah agar tidak merugikan orang yang sedang membangun usaha,” katanya.

Dia mengatakan, banyaknya pengguna Facebook dikarenakan ada dorongan pemerintah yang mengajak pelaku usaha menjual secara online, dengan maksud memperlebar pasar penjualan.

Inikan juga dorongan pemerintah, katanya, jadi mesti dipertimbangkan jika akan menutup Facebook di Indonesia. Bagi pelaku usaha mikro kecil memengah untuk memasarkan produk secara online hanya mengandalkan media sosial tersebut.

Jika harus membuat website, katanya, mereka harus mengeluarkan biaya cukup besar. Belum lagi untuk membayar sistem IT dan sebagainya. “Jadi, perlu ada pemikiran yang matang untuk menutup FB di Indonesia,” jelasnya.(Ant)