BERBAGI
Petugas ekspedisi menurunkan sepeda motor pemudik tujuan Purwokerto dan sekitarnya yang diangkut menggunakan kereta api secara gratis dari Jakarta beberapa saat setelah diturunkan di Stasiun Purwokerto, Sabtu (9/062018) (Foto: WN)

PURWOKERTO, Warta Nasional — Puluhan sepeda motor pemudik yang diangkut menggunakan kereta api angkutan sepeda motor gratis KLB KP 11178 Lintas Selatan 2 relasi Jakarta Gudang-Blitar tiba di Stasiun Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 5 Purwokerto Ixfan Hendriwintoko mengatakan KLB KP 11178 Lintas Selatan 2 itu tiba pada pukul 06.20 WIB atau mengalami keterlambatan hampir satu jam dari waktu yang dijadwalkan pukul 05.24 WIB.

“Berdasarkan data yang kami terima, sebanyak 23 sepeda motor pemudik yang diturunkan di Stasiun Purwokerto. Selanjutnya, puluhan sepeda motor tersebut dibawa ke pol yang bersebelahan dengan Stasiun Purwokerto atau tepatnya di Jalan Stasiun,” katanya kepada wartanasional.com, Sabtu.

Menurut Ixfan, proses bongkar-muat sepeda motor itu melibatkan 17 pekerja agar dapat berjalan cepat sehingga keterlambatan perjalanan KLB KP 11178 Lintas Selatan 2 bisa diminimalisasi.

Ia mengatakan pemilik sepeda motor tersebut dapat mengambil kendaraannya di pol dengan menunjukkan tanda bukti pengiriman.

“Saat pengambilan, pemilik sepeda motor itu dipersilakan untuk berkoordinasi dengan petugas posko yang terdiri atas tiga orang, masing-masing berasal dari Kementerian Perhubungan, PT KAI, dan ekspedisi yang menangani angkutan tersebut,” katanya.

Lebih lanjut, Ixfan mengimbau pemudik yang merupakan pemilik sepeda motor tersebut untuk segera mengambil kendaraannya agar tidak terjadi penumpukan di pol.

Kendati demikian, dia mengakui jika kedatangan pemilik sepeda motor tidak berbarengan dengan kendaraannya karena mereka menggunakan kereta api lainnya, baik KA komersial maupun KA nonkomersial. (WN)