BERBAGI
Asisten Ombudsman RI Perwakilan Jateng, Bellinda Dewanty (Foto: WN)

JEPARA, Warta Nasional – Menjelang hari raya Idul Fitri 1439 H, Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah melakukan pemantauan dan pengawasan di berbagai instansi penyelenggara pelayanan publik di Kabupaten Jepara Jawa Tengah.

“Pemantauan ini dilakukan untuk mengetahui secara langsung kualitas pelayanan saat ini serta bagaimana kesiapan instansi penyelenggara pelayanan publik selama ramadhan,” kata Asisten Ombudsman RI Perwakilan Jateng, Bellinda Dewanty kepada wartanasional.com, Rabu, (13/06/2018)

Dalam pantauannya, Bellinda menyoroti tiga instansi yang memiliki fungsi vital, memiliki peranan penting dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yakni Puskesmas, Pemadam Kebakaran dan Kepolisian.

“Kami minta ketiga instansi ini penyelenggaraannya harus benar-benar memperhatikan kualitas pelayanannya,” ujaranya.

Bellinda menyampaikan, bahwa penyelenggaraan pelayanan publik di tiga instansi tersebut sudah berjalan dengan baik, khususnya dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri. Akan tetapi, dalam pelaksanaannya Ombudsman Jateng masih menemukan berbagai permasalahan yang apabila tidak segera diatasi akan menghambat pelayanan publik kedepannya.

“Kami juga menemukan beberapa permasalahan yang perlu diatasi akan menghambat pelayanan publik kedepannya,” ujarnya.

Lanjut Bellinda, dalam pantauan tim Ombudsman Jateng, untuk pos pengamanan Pemadam Kebakaran ternyata hanya ada 1 pos yakni, di daerah Kalinyamatan dan 1 mobil operasional.  Sedangkan, untuk personilnya sendiri hanya terdapat 2 orang petugas pemadam kebakaran yang juga merangkap sebagai driver.

“Pos pengamanan Pemadam Kebakaran ini juga masih memerlukan bantuan dari Markas Komando 113 dalam hal menjalankan tugas di lapangan karena ketersediaan SDM dan mobil operasional yang tidak memadai.” Ujar Bellinda.

Lanjut Bellinda, kendala penyelenggaraan pelayanan juga dihadapi oleh Puskesmas Kalinyamatan. Dalam pantauan yang dilakukan oleh tim Ombudsman Jawa Tengah pada pukul 23.00 WIB.

“Permasalahan ketersediaan tenaga medis, sarpras di rumah sakit seperti, jumlah ruangan bagi pasien rawat inap dan jumlah tempat tidur yang tidak memadai dan tidak menemukan dokter yang berjaga pada malam dini hari di Puskesmas.” ungkap.

Ditambahkan Bellinda, pada pantauan penyelenggaraan pelayanan, khususnya pada pos pantau pengamanan Hari Raya Idul Fitri, dalam hal ini Polres Jepara dalam mempersiapkan pelayanan menjelang Hari Raya Idul Fitri.

“Terdapat 8 pos pengamanan telah dibentuk yang secara keseluruhan telah bersinergi satu sama lain,” pungkasnya. (WN-013)

Editor : Hanifah