BERBAGI
wisata Geothermal Kamojang,Foto: Ilustrasi

GARUT, Warta Nasional — Anggota DPR-RI asal Jawa Barat, Deding Ishak mengapresiasi, pengembangan desa wisata Geothermal Kamojang oleh PT Pertamina di perbatasan Kabupaten Bandung dan Garut sehingga memberikan banyak manfaat ekonomi maupun lingkungan bagi masyarakat setempat.

“Desa Wisata Kamojang sangat bagus, saya memberi apresiasi, hampir semua sektor usaha bisa tergerakkan oleh wisata tersebut, mulai kuliner, cinderamata, UMKM, homestay, dan sebagainya, dan manfaat itu langsung dirasakan oleh masyarakat setempat,” kata Deding, melalui siaran pers di Garut, Selasa (18/7/2018).

Menurut dia, pengembangan wisata desa memiliki nilai tinggi yang bisa menjadi solusi tepat bagi persoalan pengangguran di Indonesia, sekaligus dapat memberikan dampak positif bagi para pelaku usaha.

“Mereka bisa mengembangkan perekonomian masyarakat melalui pengemasan wisata,” ujarnya.

Ia berharap, tidak hanya Pertamina sebagai perusahaan BUMN yang mengembangkan potensi desa wisata, tetapi BUMN lainnya harus bisa mengembangkan pariwisata. peran aktif BUMN dalam mendorong potensi wisata desa dapat meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat.

“Sebagai anggota DPR dari Jawa Barat, saya juga mendorong semua BUMN yang punya lokasi di Jawa Barat bisa mencontoh,” katanya.

Warga Desa Sukakarya, Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut, Saefudin (35) mengatakan, telah mendapatkan banyak manfaat dari keberadaan Desa Wisata Kamojang tersebut. Mengembangkan ekonomi sebagai petani jamur di Kawasan Ekonomi Agro yang merupakan bagian dari destinasi wisata tersebut.

“Alhamdulillah sekarang saya punya tambahan penghasilan, saya juga bisa membiayai sekolah anak-anak,” kata pria yang sebelumnya bekerja serabutan itu.

Sementara  itu, Kawasan Wisata Agro Daya menawarkan berbagai produk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) seperti budidaya jamur geothermal dengan inovasi sterilisasi baglog memanfaatkan uap geothermal.

Kawasan Wisata Budaya menyajikan atraksi kesenian daerah dan budaya lokal termasuk budidaya domba khas Garut. Atraksi lain ialah tari tradisional dan pencak silat.(WN-Ant)