BERBAGI
Pemkab Banjarnegara Sosialisasikan Kesehatan Hewan Kurban

BANJARNEGARA, Warta Nasional – Kabid Peternakan, Dinas Pertanian dan Perikanan Banjarnegara, Herrina indri hastuti mengatakan pemerintah Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, terus melakukan sosialisasi mengenai pentingnya kesehatan hewan kurban agar aman dikonsumsi oleh masyarakat.

Pihaknya akan melakukan sosialisasi kepada kelompok masyarakat dan juga kepada tamir masjid yang ada di wilayah setempat

“dari kami akan melakukan sosialisasi kepada kelompok masyarakat dan juga kepada tamir-tamir masjid di wilayah setempat,” kata Herrina pada Wartanasional.com, Rabu (08/08/2018).

Pihaknya, kata dia, juga telah melakukan pengobatan untuk mencegah penyakit akibat cacing.

“Pengobatan untuk mencegah penyakit akibat cacing, juga akan kami lakukan di pasar apabila ada hewan yang terindikasi terkena penyakit,” katanya.

Pengobatan untuk mencegah penyakit cacing, kata dia, telah dilaksanakan di Desa Batur, Desa Giritirta, dan lain sebagainya.

Sementara itu, sosialisasi ke tamir masjid, kata dia, telah dilakukan di Desa Karanganyar, Desa Lawen, dan Desa Pandanarum.

Selain itu, pihaknya juga melakukan pembekalan kepada petugas teknis pemeriksa ternak kurban dan pemeriksaan setelah hewan dipotong diseluruh kecamatan di Kabupaten Banjarnegara.

Sebelumnya, Ketua Jurusan Produksi Ternak, Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman, Elly Tugiyanti mengingatkan agar pemeriksaan hewan kurban dilakukan secara menyeluruh .

“Lakukan pemeriksan secara menyeluruh guna memastikan bahwa ternak-ternak kurban benar-benar bebas dari penyakit,” kata Elly Tugiyanti.

Pasalnya, ternak yang terserang penyakit, kata dia, tidak aman untuk dikonsumsi oleh manusia.

“Misalnya penyakit cacing hati atau penyakit brucelossis,” katanya. (Ant)