BERBAGI
pemerikasaan kesehatan calon jemaah haji

BOYOLALI, Warta Nasional – Kepala Sub Bagian Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surakarta, Afief Mundzir mengatakan calon haji Embarkasi Surakarta asal Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta yang meninggal dunia di Tanah Suci hingga pemberangkatan jamaah kloter 77 bertambah satu orang, sehingga totalnya menjadi 11.

“Satu calon haji yang meninggal dunia di Tanah Suci yakni, Sikan Purwoprayitno Madjasa (78) warga Desa Mengati RT 01/03 Sruweng Kabupaten Kebumen Jateng,” kata Afief di Boyolali pada Wartanasional.com, Kamis (09/08/2018).

Afief menyebutkan sesuai data yang diterima melalui Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) di Embarkasi Surakarta, calon haji tersebut meninggal dunia di pemondokan Mekkah, Rabu (8/8), pada pukul 05.05 WIB, karena sakit. Kini jenazahnya dimakamkan di tempat pemakaman umum di Shara`e Arab Saudi.

“berdasarkan data yang kami terima melalui siskohat, calon haji tersebut meninggal di pemondokan mekkah pada hari rabu pagi sekitar pukul 05.05 karena sakit. Adapun jenazahnya kini dimakamkan di tempat pemakaman umum shara’e Arab Saudi” jelas Afief.

Ia mengatakan dengan bertambahnya satu calon haji meninggal tersebut sekarang menjadi 11 orang yang terdiri atas 10 orang di Tanah Suci dan satu lainnya di Tanah Air saat akan pemberangkatan.

PPIH Embakarsi Surakarta pada Kamis ini, dijadwalkan memberangkatkan jamaah calon haji sebanyak tiga kloter yakni kloter 77 asal Kabupaten Semarang dan Kota Salatiga, kloter 78 (Kota Salatiga dan Demak), dan kloter 79 (Demak).

Afief menjelaskan rombongan calon haji kloter 77 telah diterbangkan ke Tanah Suci melalui Bandara Adi Soemarmo di Boyolali, pada pukul 00.39 WIB sebanyak 352 orang. Dilanjutkan calon haji kloter 78 rencana diterbangkan sekitar pukul 18.16 WIB dan kemudian disusul kloter 79 sekitar pukul 20 55 WIB.

Sementara itu, Afief menerangkan jumlah calon haji yang sakit dan dirujuk ke rumah sakit masih ada tiga orang, yakni dua orang di RSU Dr Moewardi Solo, dan satu lainnya di RS TNI Angkatan Udara Karanganyar.

“Ketiga calon haji ini, akan diberangkatkan ke Tanah Suci dengan kloter selanjutnya jika ada rekomendasi dari dokter yang merawat” pungkasnya. (WN-09)

Editor : Nikmah