BERBAGI
jamaah haji debarkasi surakarta

BOYOLALI, Warta Nasional – Kepala Sub Bagian Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Surakarta, Afief Mundzir mengungkapkan tiga orang penunai ibadah haji asal Tegal Jawa Tengah setibanya di Asrama Haji Donohudan Kabupaten Boyolali sempat mendapat perawatan intensif di Poliklinik Debarkasi Surakarta karena menderita sakit.

“Setibanya di asrama sempat mendapat perawatan di Poliklinik PPIH, tetapi ketiganya kemudian dibawa pulang oleh petugas tim kesehatan ke daerahnya, pada Selasa (28/8) malam,” kata Afif pada wartanasional.com di Donohudan Boyolali, Rabu (29/08/2018).

Ia  mengatakan tiga orang penunai haji yang sempat mendapat perawatan tersebut yakni Kasnadi Darkim Soleh (68), Masud Kasmun Kusen (61) keduanya tergabung Kloter 3, dan Maslikha Busro Rosyid (45) Kloter 4 asal Tegal.

“Ketiga orang itu sempat mendapat perawatan di Poliklinik PPIH Asrama Haji Donohudan, setelah melihat kondisinya kemudian dapat dipulangkan untuk perawatan di rumah sakit daerah. Ketiganya sakit akibat kelelahan,” ujarnya.

Afief Mundzir mengatakan sebanyak 1.434 orang penunai ibadah haji Debarkasi Surakarta telah dipulangkan ke daerahnya masing-masing. Rombongan haji pertama di Bandara Adi Soemarmo Boyolali, Selasa (28/8), pukul 11.22 WIB, kemudian disusul kedatangan kedua dari Tegal dan Salatiga, pukul 15.33 WIB, yang ketiga (Tegal) pukul 17.04 WIB.

“Rombongan haji Kabupaten Tegal dan Batang yang tergabung kloter 4 mendarat di Bandara Adi Soemarmo Boyolali, pada pukul 19.44 WIB atau mengalami keterlambatan sekitar satu jam dari jadwal semula,” terangnya.

Menurutnya, PPIH Debarkasi Surakarta pada kegiatan pemulangan jamaah hari kedua ini, dijadwalkan ada dua kloter yakni 5 asal Kabupaten Batang dan 6 asal Batang serta Pekalongan.

“Rombongan haji Kloter 5 dengan penumpang sebanyak 356 orang dijadwalkan tiba di Bandara Adi Soemarmo Boyolali, Rabu ini, sekitar pukul 14.20 WIB, sedangkan Kloter 6 sebanyak 360 orang akan tiba sekitar pukul 17.20 WIB,” imbuhnya.

Lanjutnya, kata dia, armada bus penjeput rombongan haji Kloter 5 dari daerah sudah datang menunggu di halaman parkir di Asrama Haji Donohudan.

“bus itu, yang akan membawa pulang ke daerah masing-masing,” tandasnya.

Sementara itu jjumlah jamaah Debarkasi Surakarta yang meninggal dunia di Tanah Suci, sesuai data yang diterima melalui Sistim Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) di asrama haji sebanyak 38 orang.

“ditambah lagi satu di Tanah Air, sehingga totalnya sebanyak 39 orang,” pungkasnya. (WN-029)

Editor : Nikmah