ilustrasi pameran pendidikan

BANJARMASIN, Warta Nasional – Belasan universitas di Indonesia turut berpartisipasi dalam kegiatan Indonesian University Fair 2018 di Kota Manila, Filipina, misalnya Universitas Lambung Mangkurat (ULM) yang menjadi satu-satunya wakil dari Pulau Kalimantan.

Wakil Rektor IV ULM Prof Dr Ir H Yudi Firmaul Arifin di Banjarmasin, Senin, mengatakan ada 17 perguruan tinggi terbaik di Indonesia diundang oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI di Manila untuk ikut berpartisipasi, termasuk ULM.

Pameran yang diselenggarakan oleh Atdikbud Kedutaan Besar Republik Indonesia di Manila itu dalam rangka menghadapi persaingan pasar global dalam bidang pendidikan.

“Tentu kami sangat bangga telah diundang ikut berpartisipasi dalam pameran skala internasional di luar negeri dan ULM tak akan menyia-nyiakan kesempatan emas ini,” terang Yudi yang mewakili Rektor ULM Prof Dr H Sutarto Hadi.

Dikatakannya, promosi pendidikan tersebut diselenggarakan di Glorietta Activity Center, Ayala Ave, Makati City, dan dibuka secara resmi pada Minggu (21/10).

Selain Universitas Lambung Mangkurat dari Provinsi Kalimantan Selatan, berbagai perguruan tinggi top di Indonesia lainnya yang juga berpartisipasi di antaranya UI, IPB, UGM, ITB, Unhas, Unand, Unair, Undip, Unpad, UNS, UNP, UPI, UNJ, Unesa, UMJ, dan Binus.

Dalam pameran itu, ULM menyediakan informasi terkait dengan fakultas dan program studi, beasiswa, pertukaran dosen dan mahasiswa serta informasi tentang keunggulan ULM dalam bidang lahan basah yang menarik perhatian masyarakat Filipina untuk menggali informasi dengan mengunjungi stan dari ULM.

Yudi mengakui, minat dari masyarakat Filipina untuk melanjutkan pendidikan di Indonesia masih sangat rendah dikarenakan minimnya pengetahuan warganya tentang perguruan tinggi yang ada di Indonesia.

Oleh karena itu, Indonesia University Fair 2018 diselenggarakan dengan tujuan untuk lebih mengenalkan berbagai macam kelebihan serta keunggulan-keunggulan yang dimiliki oleh universitas yang ada di Indonesia kepada masyarakat di Filipina.

Dalam kegiatan itu juga disediakan gerai khusus untuk melakukan penandatanganan MoU untuk universitas dari Indonesia dan Filipina yang ingin melakukan kerja sama.

Diharapkan, acara Indonesian University Fair 2018 dapat meningkatkan hubungan baik antara kedua negara. (Ant)