BERBAGI
Ilustrasi/Istimewa

SUKABUMI, Warta Nasional – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) merencanakan pembangunan unit penggilingan padi di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, untuk mempercepat proses pengolahan gabah menjadi beras.

“Kabupaten Sukabumi merupakan salah satu daerah penghasil beras terbanyak di Indonesia, namun memang sayang belum ada rice milling unit sehingga kami berencana membangunnya di daerah ini,” kata Menteri BUMN Rini Soemarno di Sukabumi, Rabu (5/12).

Menurutnya, Kabupaten Sukabumi memproduksi padi cukup banyak, permasalahannya ternyata saat ini belum ada unit penggilingan padi tersebut, padahal pihaknya telah membantu beberapa daerah seperti di Ciamis, Garut, Tasikmalaya dan beberapa daerah lainnya.

Kabupaten Sukabumi belum mendapatkan bantuan tersebut sehingga pihaknya langsung berkoordinasi dengan Wakil Bupati Sukabumi Adjo Sardjono untuk menentukan lokasi atau kecamatan mana yang paling banyak memproduksi beras agar bisa dibangun penggilingan padi itu.

Menurut dia, produk pangan dari Kabupaten Sukabumi sangat banyak, namun demikian pihaknya tetap akan melakukan pembinaan terhadap pelaku usaha bahkan petani dalam hal pengemasan. Sebab dengan kemasan yang baik dan menarik tentunya harganya akan lebih meningkat.

“Jika sudah ada lokasi kemungkinan kami akan segera menempatkan rice milling unit tersebut agar padi yang datang dari petani bisa langsung diolah untuk menjadi beras, sehingga petani tidak harus menunggu lama lagi untuk menggilingnya,” tambahnya.

Di sisi lain, Rini mengatakan pihaknya juga fokus terhadap kualitas produk yang dihasilkan masyarakat desa sehingga melalui pembinaan, pelatihan dan lainnya, kualitas produk meningkat, kemasannya menarik dan harganya mempunyai daya saing. (Ant)