BERBAGI
The Heritage Palace Solo/Foto: @wisatathp1

SUKOHARJO, Warta Nasional – Bangunan Cagar Budaya The Heritage Palace yang ada di Desa Pabelan, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo menjadi destinasi wisata favorit baru masyarakat Solo dan sekitarnya.

“Kami melakukan soft opening tempat ini tepatnya pada tanggal 9 Juni 2018,” kata Pengelola The Heritage Palace Franky Hardy di Sukoharjo, Selasa (25/12).

Ia mengatakan destinasi wisata tersebut dikelola perusahaan PT Gendis Mas Sentosa Abadhi. Menurut dia, perusahaan menyewa bangunan tersebut dari pihak lain.

“Dulunya bangunan ini merupakan Pabrik Gula Gembongan, pemiliknya merupakan pemilik pabrik rokok Jitu. Kami menyewa untuk waktu 24 tahun ke depan,” katanya.

Ia mengatakan bangunan dengan luas lahan 2,4 hektar tersebut sudah didaftarkan sebagai bangunan cagar budaya di Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah.

“Sejak satu tahun lalu bangunan ini sudah resmi menjadi salah satu bangunan cagar budaya yang ada di Jawa Tengah dan kami melihat ada potensi besar untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata baru,” katanya.

Ia mengatakan sejauh ini destinasi wisata tersebut sudah dilengkapi dengan empat wahana, yaitu taman berlatar belakang gedung tua untuk swafoto, Museum 3 dimensi, Omah Kuwalik, dan Omah Transportasi.

“Ke depan kami akan menambah wahana, totalnya ada sembilan wahana karena di kawasan ini ada sembilan gedung,” katanya.

Lima wahana tambahan tersebut, yaitu dua gedung pertemuan dengan kapasitas 500 dan 2.500 orang, pusat jajanan dan makanan, pusat oleh-dan souvenir, tempat bermain anak-anak, dan akuarium raksasa.

Ia berharap dengan bertambahnya jumlah wahana tersebut jumlah pengunjung bisa terus mengalami peningkatan. Adapun, saat ini jumlah pengunjung pada weekday atau hari normal rata-rata 200 pengunjung/hari.

“Sedangkan saat akhir minggu atau hari libur lain, jumlah pengunjung bisa mencapai 500-600 orang/hari,” katanya.

Ia mengatakan selama libur akhir tahun ini tarif tiket masuk sebesar Rp65.000/orang atau naik dari hari normal sebesar Rp55.000/orang. (Ant)