BERBAGI
Cikao Park Purwakarta/Istimewa

PURWAKARTA, Warta Nasional – Dinas Pemuda dan Olahraga Pariwisata dan Budaya (Disporaparbud) Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, menyatakan saat ini destinasi wisata di wilayah tersebut mencapai 45 titik.

“Sebanyak 45 destinasi wisata ini tersebar di hampir seluruh kecamatan sekitar Purwakarta,” kata Kabid Pariwisata dan Kebudayaan Disporaparbud Kabupaten setempat Heri Anwar, di Purwakarta, Jumat (28/12).

Dia mengatakan, jumlah destinasi wisata saat ini yang mencapai 45 titik itu meningkat dibandingkan dua tahun lalu yang hanya mencapai 32 titik.

Kebanyakan destinasi wisata di Purwakarta tersebut merupakan objek wisata alam dan ada beberapa objek wisata religi.

“Pada 2015 destinasi wisata yang tercatat hanya 32 titik. Sedangkan pada tahun ini tercatat ada 45 lokasi wisata,” kata dia.

Terkait dengan kunjungan wisata, pada tahun ini pengunjung wisata di Purwakarta mencapai 2,3 juta orang. Jumlah kunjungan wisata itu hampir mencapai target.

“Tahun ini ditargetkan kunjungan destinasi wisata di Purwakarta 2,5 juta orang. Tapi sekarang sudah mencapai 2,3 juta,” katanya.

Dari jumlah pengunjung itu, dua persen di antaranya merupakan wisatawan asing. Umumnya, wisatawan asing ini yang datang ke Purwakarta untuk berwisata petualangan.

“Sampai akhir tahun, mungkin bisa melebihi target kunjungan yang sudah ditentukan itu,” kata dia. (Ant)