BERBAGI
Ibu Hj Iriana Joko Widodo/Foto: Istimewa

SEMARANG, Warta Nasional – Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama rombongan Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Kerja menyapa pasien dalam kunjungannya di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kalimalang, Mijen, Semarang.

Para pasien yang sedang mengantre untuk tes Inspeksi Visual Asam asetat (IVA) guna mendeteksi kanker serviks di Puskesmas Kalimalang Semarang, Jumat (4/1), antusias menyambut dan mendengarkan pengarahan yang disampaikan.

“Tidak cemas kan ibu-ibu? Semoga hasilnya baik semua, ya. Ini juga untuk suami. Ibu sehat, suaminya juga senang,” sapa istri Presiden RI Joko Widodo itu, kemudian dilanjutkan tinjauan ke beberapa ruangan puskesmas.

Di belakang puskesmas, terlihat puluhan siswa sekolah dasar (SD) dan panti asuhan sudah menunggu kedatangan Ibu Negara dan rombongan istri para menteri Kabinet Kerja itu untuk diajak bernyanyi bersama.

Perempuan kelahiran Surakarta, 1 Oktober 1963 itu, kemudian bernyanyi bersama dan minum susu bersama anak-anak SD dan panti asuhan, seraya berpesan kepada mereka untuk rajin belajar dan berolahraga.

Tidak lupa, Iriana mengingatkan anak-anak untuk tidak lupa berdoa untuk meraih cita-cita yang diinginkan, serta berperilaku baik, seperti membuang bekas botol susu yang telah diminum ke dalam tempat sampah.

Kunjungan ke Puskesmas Karangmalang Semarang tersebut merupakan rangkaian kunjungan Ibu Negara dan rombongan OASE Kabinet Kerja di Semarang pada Jumat ini, selain di SD Islam Al Azhar 29 Semarang, Kebun Buah Purwosari, dan Kota Lama Semarang.

Di SDI Al Azhar 29 Semarang, Ibu Negara rencananya menyampaikan sosialisasi dan edukasi tentang bahaya penyalahgunaan narkoba bersama sejumlah jajaran Kementerian Sosial yang diikuti 500 siswa SD dan SMP sederajat.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Karangmalang, Mijen, Semarang, Dokter Anasih Rachmawati mengaku senang dan terkesan mendapatkan kunjungan dari Ibu Negara dan rombongan istri menteri Kabinet Kerja.

Meski diakuinya, dirinya sempat kaget, mengingat lokasi puskesmas yang dipimpinnya jauh dari pusat kota, tetapi ternyata Ibu Negara tetap menunjukkan kepeduliannya untuk menyampaikan pesan kesehatan kepada masyarakat.

“Terima kasih Ibu Presiden sudah hadir. Semoga pesan yang disampaikan bisa mengena kepada masyarakat, terutama terkait antisipasi kanker serviks. Ini pengalaman kami, wong ndeso, bisa bertemu Ibu Presiden,” katanya. (Ant)