BERBAGI
Jembatan Leta Oar Ralan mempermudah akses pelayanan dasar di Maluku Tenggara Barat diresmikan Menteri PUPR, Kamis (10/1)/Foto: @KemenPU

JAKARTA, Warta Nasional – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono akan terus melanjutkan pembangunan jalan di Pulau Selaru dan Larat, Kabupaten Maluku Tenggara.

“Sekarang ini jalan dari Selaru ke Larat ini baru 158 Km, nanti juga kami akan melihat yang di Larat, nanti akan kita teruskan,” ujar Menteri PUPR di Yamdena, Maluku pada Kamis (1-/1).

Dia lebih lanjut menjelaskan bahwa pembangunan jalan di Selaru yang baru sampai desa Kandar juga akan dilanjutkan.

“Tahun 2019 baru yang perbaikan ini, kemudian nanti pada 2020-2021 akan kita teruskan, itu pasti akan kita teruskan,” katanya.

Selain pembangunan jalan, Menteri Basuki juga menyinggu tentang rencana Kementerian PUPR untuk mengganti jembatan Wai Ela dan serta pembangunan jembatan-jembatan lainnya di Maluku.

“Kami di Wai Ela sudah ada dua bentang jembatan yang kami kirim 2×60 meter untuk mengganti jembatan Wai Ela, kemudian mungkin jembatan-jembatan lainnya,” kata Menteri PUPR usai bersama-sama Menteri Keuangan Sri Mulyani meresmikan meresmikan Jembatan Leta Oar Ralan yang menghubungkan Pulau Yamdena dan Pulau Larat, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB).

Jembatan Leta Oar Ralan memiliki panjang 322,80 meter dan lebar 10 meter. Jenis konstruksi pondasi menggunakan tiang pancang baja 600 mm, sementara bangunan atas menggunakan konstruksi beton pracetak prategang.

Sebelumnya Menteri Basuki juga menyatakan bahwa fokus Kementerian PUPR di tahun ini adalah menyelesaikan pembangunan infrastruktur jalan di pulau-pulau terluar.

“Semua pulau-pulau terluar membutuhkan jalan lingkar, itu akan kita fokuskan lebih ke sana,” kata Menteri Basuki di Ambon, Maluku pada Rabu (9/1).

Dia lebih lanjut menjelaskan bahwa pihaknya akan menyelesaikan pembangunan jalan-jalan di perbatasan, trans atau lintas wilayah, dan jalan lingkar di pulau-pulau tersebut seperti di Sangihe, Talaud, Yamdena, Morotai, Nias dan Natuna. (Ant)