BERBAGI
DEKLARASI JKSN CILACAP : Ketua Jaringan Kiai Santri Nasional (JKSN) Jateng Agus Sofwan Hadi (tengah) diapit Ketua JKSN Cilacap KH Maslahudin dan ulama kharimatik KH Syuada dan KH Subkhi Najmuddin dalam deklarasi JKSN di gedung Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Cilacap, kemarin.

CILACAP, Warta Nasional – Ribuan kiai dan santri dari Kabupaten Cilacap, yang tergabung dalam Jaringan Kiai-Santri Nasional (JKSN) mendeklarasikan dukungan terhadap pasangan calon nomor urut 01 presiden dan wakil presiden Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin.

“Ulama, kiai, dan santri cilacap sepakat menyukseskan hajat pasangan calon nomor urut 01 untuk menduduki kursi kepemimpinan di negeri ini,” kata Ketua JKSN Kabupaten Cilacap, KH Maslahudin di Cilacap, Minggu (13/01/2019).

Maslahudin menyampaikan, bahwa calon wakil presidennya, KH Ma’ruf Amin sudah jelas-jelas dari kalangan kiai yang merupakan Rais Aam PBNU dan Ketua Umum MUI.

“Maka kita tidak ada alasan untuk tidak mendukung beliau mendampingi Pak Jokowi,” tegasnya.

Maslahudin bersyukur karena Jokowi memilih calon wakil yang sangat tepat. Jika Jokowi dari kalangan nasionalis, KH Ma’ruf Amin mewakili kalangan santri. Konsep ini, katanya, tidak beda jauh dengan kepemimpinan era awal kemerdekaan.

“Jadi, kolaborasi yang pas, nasionalis dan agamis,” tegasnya.

Menurutnya, deklarasi JKSN Kabupaten Cilacap pada hari ini bukan merupakan pertemuan pertama kalinya. Beberapa pertemuan sudah dilakukan jauh-jauh hari. Bahkan, katanya, konsep untuk memenangkan Jokowi-Ma’ruf sudah disiapkan matang-matang.

Dia melanjutkan, selain pengukuhan pengurus di tingkat kabupaten, nantinya juga akan dilebarkan gerakannya di tingkat kecamatan dan desa-desa.

“Targetnya untuk pembentukan pengurus JKSN tingkat kecamatan akan selesai pada bulan januari, bulan Februari-nya adalah tingkat desa, dan Maret akan meluncur sampai ke masjid-masjid,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua JKSN Jateng, Agus Sofwan Hadi menuturkan, pengukuhan pengurus JKSN Cilacap ini merupakan kabupaten pertama yang melakukan deklarasi setelah sebelumnya deklarasi tingkat provinsi.

Ke depan, katanya, JKSN di kabupaten/Kota lain akan menyusul, meskipun ada beberapa daerah yang digabung, seperti Kota Magelang dengan Kabupaten Magelang, Kabupaten Purworejo dengan Kabupaten Kebumen.

“Kira-kira ada 14-16 daerah yang menjadi tempat deklarasi di Jawa Tengah,” jelasnya.

Dia menambahkan, untuk target dari JKSN Jateng sendiri tentunya adalah memenangkan pasangan Jokowi- KH Ma’ruf Amin.

Prosentasenya sesuai dengan arahan Pak Jokowi, yakni harus memenangkan antara 78-80 persen,” tegasnya.

“Ulama kharismatik Cilacap Kiai Su’ada mengatakan, tidak ada alasan apapun warga NU tidak memilih 01 karena pasangan tersebut sudah sangat jelas akan membawa kemaslahatan umat dan Negara,” pungkasnya. (WN-009)

Editor : Hanifah