BERBAGI
Ivo Karlovic/Istimewa

MELBOURNE, Warta Nasional – Dengan 39 pukulan ace yang sama persis dengan usia dia, Ivo Karlovic menjadi petenis tertua yang memenangi pertandingan di Australia Terbuka, dalam 40 tahun lebih, ketika ia mengalahkan petenis Polandia Hubert Hurkacz, petenis yang 18 tahun lebih muda darinya, untuk melaju ke putaran kedua, Selasa (15/1).

Dalam pertandingan di Melbourne Park, petenis jangkung asal Kroasia itu menang 6-7(5) 7-6(5) 7-6(3) 7-6(5) dan sekaligus menjadikannya petenis tertua yang masih eksis di lapangan sejak ikon Australia Terbuka Ken Rosewall melaju ke putaran ketiga pada 1978, pada usia 44 tahun.

Petenis peringkat 73 dunia Karlovic juga menjadi pemenang tertua dalam seluruh turnamen Grand Slam sejak Jimmy Connors yang saat itu berusia 40 tahun, mengalahkan Jaime Oncins untuk melaju ke putaran kedua AS Terbuka 1992.

Karlovic, yang akan berulang tahun pada 28 Februari nanti, secara resmi akan menjadi paruh baya bulan depan, namun mengatakan, dirinya tidak ingin pensiun pada saat masih layak bertanding.

“Saya pikir saya masih sehat dan sangat berharap tidak akan cedera,” kata petenis bertinggi 2,11 meter itu di Melbourne Park.

“Sejauh peringkat saya naik dan saya bisa mengikuti seluruh turnamen, maka saya tidak melihat alasan saya harus berhenti,” tambahnya.

Petenis tertua di nomor tunggal itu melebihi usia Roger Federer saat mempertahankan gelar ganda pada usia 37 tahun, Karlovic melaju sehari setelah petenis berusia 31 tahun Andy Murray memastikan tidak bisa lanjut tanding di Melbourne Park pada Senin.

Mantan petenis nomor satu dunia asal Inggris itu mengalami sakit di rusuk kiri dia dan sebelum turnamen mengatakan bahwa dirinya kemungkinan akan mundur, demikian Reuters.(Ant)