BERBAGI
Pertandingan Jepang kontra Uzbekistan pada Piala Asia 2019, Kamis (17/1)/Foto: @afcasiancup

JAKARTA, Warta Nasional – Jepang memastikan diri lolos ke 16 besar Piala Asia sebagai juara Grup F, setelah mereka menang 2-1 atas Uzbekistan dalam pertandingan yang dimainkan di Stadion Khalifa bin Zayed, Al Ain, Uni Emirat Arab pada Kamis (17/1) malam WIB.

Uzbekistan unggul terlebih dahulu melalui gol Eldor Shomurodov (40′), namun Samurai Biru mampu membalikkan kedudukan melalui gol Yoshinori Muto (43′) dan Tsukasa Shiotani (58′), demikian catatan pertandingan di laman resmi AFC.

Kemenangan ini membawa Jepang kokoh di peringkat satu klasemen grup dengan nilai sempurna sembilan poin, sedangkan Uzbekistan yang juga lolos ke putaran selanjutnya, menduduki peringkat kedua dengan enam poin.

Kedua tim menuju pertandingan ini dengan masing-masing mengantungi enam poin dan, meski pasukan Hector Cuper mampu unggul terlebih dahulu, Jepang mampu bangkit dan mengamankan posisi teratas di grup.

Jepang tidak mampu berbuat banyak pada sebagian besar jalannya babak pertama, ketika pertandingan ini terlihat akan berakhir imbang tanpa gol.

Namun situasi berubah pada menit ke-40, Shomurodov mendapat bola di area pertahanan Jepang, melesat ke kotak penalti dengan menghindari dua pemain bertahan, dan menyarangkan bola ke sisi kanan gawang.

Keunggulan mereka hanya bertahan selama tiga menit. Sei Muroya mengirimkan umpan silang dari sayap kanan, dan Muto menanduk bola yang masuk untuk menjadi gol perdananya untuk Jepang sejak Oktober 2015.

Jepang memulai babak kedua dengan lebih baik, dan setelah mendapatkan beberapa peluang, mereka membalikkan kedudukan melalui sepakan jarak jauh Shiotani yang mengarah ke sudut atas kanan gawang Uzbekistan.

Sementara itu, dalam pertandingan lain di Grup F, Oman meraih tiga poin berkat kemenangan 3-1 atas Turkmenistan dalam pertandingan yang dimainkan di Stadion Mohammad Bin Zayed, Abu Dhabi.

Hasil ini membuat Oman berhak lolos ke 16 besar sebagai salah satu tim peringkat ketiga terbaik, di mana mereka menutup fase grup dengan berada di posisi ketiga dan mengoleksi tiga poin, nol selisih gol. Turkmenistan sendiri mengakhiri penampilannya di Piala Asia 2019 dengan nol poin.

Oman membuka keunggulan melalui gol Ahmed Al Mahajri (20′), namun Turkmenistan mampu menyamakan kedudukan berkat gol Altymurah Annadurdiyev (41′), sebelum Oman memastikan kemenangan di fase akhir laga melalui gol Mohsin Al Ghassani (84′) dan Mohammed Al Musalami (90′),

Kedua tim terlihat akan tersingkir saat kedudukan 1-1 bertahan sampai menjelang pertandingan usai, namun Al Ghassani dan Al Musallami mengemas gol-gol yang mereka perlukan untuk lolos fase grup.

Oman membuka keunggulan pada menit ke-20 melalui tendangan bebas sensasional Al Mahajri, namun Annadurdyyev menyamakan kedudukan untuk Turkmenistan sebelum turun minum.

Setelah sang juara Piala Teluk tidak mendapat penalti terkait handball yang dilakukan Mekan Saparov, Al Ghassani membawa mereka unggul pada menit ke-84 dan Al Musallami menanduk bola yang berbuah gol sembilan menit kemudian untuk melengkapi kemenangan Oman.(Ant)