BERBAGI
ilustrasi/istimewa

JAKARTA, Warta Nasional – Lembaga Kemanusiaan Nusantara Palestina Center (NPC) menyalurkan 10.000 liter bahan bakar minyak jenis solar untuk membantu rumah sakit (RS) di Gaza, Palestina, yang sedang dilanda krisis.

“Bantuan solar untuk rumah sakit di Gaza itu rencananya akan disalurkan pada Selasa, 5 Februari 2019,” kata Ketua Yayasan NPC, Abdillah Onim dari Gaza, Sabtu (2/2).

Abdillah Onim adalah sukarelawan Indonesia yang menetap di Jalur Gaza, Palestina.

Ia sebelumnya adalah sukarelawan organisasi kegawatdaruratan kesehatan, “Medical Emergency Rescue Committee” (MER-C) Indonesia yang kemudian menikah dengan muslimah Palestina.

Pekan lalu, sebuah dapur umum yang diberi nama “Amanah Indonesia” yang dananya berasal dari sumbangan rakyat Indonesia, didirikan untuk membantu krisis Rumah Sakit As-Syifa di Gaza, Palestina dengan menyediakan makanan gratis kepada ratusan pasien di rumah sakit tersebut.

“Dapur umum ‘Amanah Indonesia’ digagas untuk membantu pihak rumah sakit yang tidak mampu memberikan pelayanan makanan kepada pasien akibat krisis pangan, obat-obatan dan bahan bakar minyak (BBM),” kata Onim.

Ia menjelaskan bahwa setelah penyaluran bantuan BBM jenis solar, NPC berencana menyalurkan bantuan obat-obatan.

Saat ini, kata dia, RS di Gaza masih mengalami krisis, di antaranya makanan bagi pasien, obat-obatan, BBM, pangan seperti roti dan gandum mentah, bahkan krisis air bersih.

Khusus program dapur umum “Amanah Indonesia”, yang memasak dan menyediakan makanan bagi ratusan pasien rawat inap di RS As-Syifa, yang semula untuk 10 hari bisa diperpanjang hingga 20 hari ke depan.

“Namun, perpanjangan itu tergantung pendanaan dari donatur di Indonesia,” katanya.

Untuk mengatasi krisis itu, menurut Onim, pihaknya terus mengetuk kepedulian semua pihak di Indonesia untuk bisa membantu.

“Cukup dengan menyisihkan Rp80.000 untuk seporsi makanan bagi satu orang, kita telah peduli nasib pasien di Gaza,” katanya.

Bantuan tersebut bisa melalui BNI Syariah Cabang Jakarta Timur dengan nomor rekening 690000 9097 atas nama Nusantara Palestina Center, BNI Cabang Kramat dengan nomor rekening 69000 90089 atas nama Yayasan Nusantara Palestina Center dan BNI Cabang Kramat dengan nomor rekening 69000 90001 atas nama Abdillah Onim.

“Semoga Allah SWT membalas budi baik semua pihak yang membantu dengan sebuah kebaikan,” katanya.

Pada bulan Ramadhan 2016, kata Onim, rakyat Indonesia juga memberikan bantuan BBM solar dan bensin untuk masjid-masjid di Jalur Gaza Palestina.

Blokade yang dilakukan zionis Israel di Jalur Gaza telah melahirkan banyak krisis kemanusiaan, termasuk minimnya pasokan aliran listrik karena tidak adanya BBM.