BERBAGI
Lionel Messi/@fcbarcelona_id

BARCELONA, Warta Nasional – Lionel Messi menyelamatkan muka Barcelona dari kekalahan dengan dua gol penyeimbang ketika menjamu Valencia yang berakhir dengan skor 2-2 pada pertandingan La Liga di Camp Nou, Sabtu (2/2).

Valencia unggul terlebih dahulu pada menit ke-24 lewat penyelesaian apik penyerang asal Perancis Kevin Gameiro dan memperbesar keunggulan mereka lewat gol kedua oleh Dani Parejo di menit 32 lewat tendangan penalti, demikian dilaporkan Reuters.

Messi mencetak gol tujuh menit kemudian setelah wasit menghadiahkan penalti bagi Barcelona yang tidak disia-siakan penyerang asal Argentina itu.

Kapten Barca itu membuat gol penyeimbang pada menit ke-64 lewat tendangan melengkung dari luar kotak penalti untuk menghindarkan klub pemuncak klasemen La Liga itu dari kekalahan pertama sejak November dengan mengantongi 50 poin dari 22 pertandingan.

“Kami tidak bermain bagus pada paruh pertama namun kami menunjukkan karakter kami dan kami mendominasi,” kata gelandang Barca Ivan Rakitic.

“Kami berusaha keras, tidak mudah melawan Valencia yang merasa lebih percaya diri setelah pencapaian-pencapaian terakhir mereka,” kata dia.

Klub asuhan Ernesto Valverde sekarang memimpin enam poin dari pesaing terdekatnya Atletico Madrid, yang akan bertemu Real Betis pada pertandingan Minggu, dan berjarak 11 poin dari Real Madrid.

Kedua tim menikmati hasil bagus pekan ini untuk mencapai semifinal Piala Raja, dengan Barca melumat Sevilla 6-1 untuk menang agregat 8-3 dan Valencia mengalahkan Getafe 3-1 untuk agregat 3-2.

Valverde, yang mengkhawatirkan efek kelelahan tim, bermain tanpa menurunkan Jordi Alba sebagai starter dan kehilangan Sergio Busquet yang terkena sanksi serta Ousman Dembele yang cedera.

Sementara itu, Valencia naik ke peringkat tujuh klasemen dengan 30 poin.

Marcelino Garcia Toral yang menerapkan strategi menekan yang intens dan serangan balik cepat membuahkan dua gol di babak pertama sementara lini belakang yang disiplin berhasil meredam lini serang Barca.

Valverde menurunkan Jordi Alba setelah turun minum dan membuat Barca terlihat lebih berbahaya namun sekali lagi nasib mereka ditentukan oleh Messi yang mencetak gol ke-21 dia di liga untuk menyamakan kedudukan.

Ada kekhawatiran di Camp Nou ketika pemain Argentina itu menjalani perawatan di sisi lapangan, namun para fans bisa berlega hati karena dia melanjutkan permainan walaupun belum mampu membawa kemenangan bagi skuat Blaugrana di kandang.(Ant)