BERBAGI
Pemain Manchester City, Gabriel Jesus setelah menjebloskan bola ke gawang Everton pada pertandingan Kamis (7/2)/Foto: @mancityIndo

JAKARTA, Warta Nasional – Juara bertahan Manchester City bertengger di puncak klasemen Liga Premier dengan menggeser Liverpool berkat kemenangan 2-0 atas Everton di Goodison Park pada hari Kamis (7/2) dinihari WIB.

Ini adalah pertama kalinya City berada di puncak sejak 8 Desember lalu.

Baik City maupun Liverpool sama-sama memiliki 62 poin, tetapi City unggul selisih gol, meskipun pasukan Pep Guardiola ini telah memainkan satu pertandingan lebih banyak daripada pasukan Juergen Klopp.

Dengan misi mengkudeta Liverpool, Manchester City langsung mengambil inisiatif penyerangan sejak kick off.

Namun, seperti dilaporkan Reuters, City benar-benar kesulitan membongkar pertahanan Everton di babak pertama. Meskipun menurunkan trio penyerang Sergio Aguero, Leroy Sane, dan Bernardo Silva di lini depan, Manchester City nyaris gagal membuat peluang berbahaya ke gawang Everton yang dikawal Jordan Pickford.

Kebuntuan terurai saat babak pertama memasuki menit akhir melalui skema bola mati. Berawal dari umpan David Silva, Aymeric Laporte sukses menyundul bola ke dalam gawang Everton.

Pada babak kedua, Manchester City tak mengendurkan intensitas serangan.

Pada menit ke-58, Bernardo Silva memiliki peluang untuk menggandakan keunggulan City. Akan tetapi, upaya Silva masih dapat digagalkan kiper Everton.

Pep Guardiola lalu memasukkan Raheem Sterling dan Gabriel Jesus untuk menambah daya gedor ‘The Citizens’. Namun hal itu tak membuat City menjadi mudah menembus pertahanan Everton hingga waktu normal 90 menit berlalu.

Pada menit ke-90+7, Gabriel Jesus menggandakan keunggulan Man City setelah memanfaatkan umpan dari Kevin De Bruyne. Pertandingan berakhir, skor 2-0 untuk kemenangan Manchester City. (Ant)