BERBAGI
Gael Monfils/Foto: @Gael_Monfils

JAKARTA, Warta Nasional – Danill Medvedev melanjutkan penampilan bagusnya pada ABN AMRO World Tennis Tournament, Jumat (16/2), dengan menghentikan tujuh kemenangan beruntun yang dihimpun Jo-Wilfried Tsonga, yang juga memperoleh gelar ATP Tour pekan lalu.

Unggulan ketujuh asal Rusia tersebut terbukti terlalu konsisten bagi juara Rotterdam 2017, yang kembali lagi beraksi setelah cedera lutut. Medvedev menang 6-4, 6-2 dalam waktu satu jam 32 menit untuk meraih tempat di semifinal.

Medvedev, yang memperoleh gelar ATP Tour keempatnya pekan lalu pada Sofia Terbuka, dan sekarang sudah tidak terkalahkan dalam tujuh pertandingan, selanjutnya akan berusaha mengatasi petenis Prancis lainnya, finalis 2016 Gael Monfils. Medvedev, yang memenangi 14 dari 16 pertandingan musim ini, mengalahkan Monfils 6-2, 6-4 Sabtu lalu di Sofia.

“Rasanya agak aneh, karena menurut saya, saya tidak bermain sebaik itu,” kata Medvedev seperti dikutip laman ATP. “Tetapi saya berhasil bekerja keras. Menurut saya, Jo juga tidak gembira dengan level permainanya, karena kami berdua sudah memainkan banyak pertandingan. Saya kira pertandingan melawan Gael akan berbeda (dibanding di Sofia), kondisinya akan lebih baik untuk dia di sini. Saya harus berjuang.”

Petenis berusia 22 tahun, yang telah mengalahkan Tsonga 6-2, 7-5 bulan lalu di semifinal Brisbane International itu, mematahkan servis lawannya pada gim pertama. Tsonga menyelamatkan empat break point pada kedudukan 2-4, namun tidak mampu memaksakan dibukannya set kedua dan Medvedev menyelesaikan set pertama dalam 50 menit ketika pukulan forehamd Tsonga membentur net.

Tsonga meningkatkan level permainannya pada awal set kedua, namun tidak mampu memanfaaatkan keadaan ketika Medvedev asyik dengan tekanan dan kemudian mematahkan servis untuk memimpin 3-2 ketika lawannya melakukan kesalahan ganda. Perlawanan Tsonga runtuh ketika pukulan forehand-nya membentur net pada kedudukan 2-4 dan Medvedev melaju untuk menutup pertandingan dengan kemenangan.

Tsonga, yang memenangi mahkota ATP Tour ke-17nya pekan lalu di Open Sud de France sekarang memegang rekor (menang-kalah) 11-3 musim ini. (Ant)