Sabtu, Desember 7, 2019
Karya “Mini Figure” Capres Bisa Geleng-geleng Kepala

Karya “Mini Figure” Capres Bisa Geleng-geleng Kepala

BERBAGI
Mini action figure karakter calon presiden saat memproduksi karyanya di Jajar Solo, di Solo (Foto : Ist)

SOLO, Warta Nasional – Pengrajin action figure berkarakter calon presiden asal Kelurahan Jajar, Kecamatan Laweyan, Solo, Jawa Tengah, dengan memanfaatkan momentum Pemilu 2019, menerima banyak pesanan.

Pengrajin itu, Iwan Wiryawan (41), warga RT 02 RW 06 Jalan Duku VIII No.14 Jajar di Solo, Selasa, mengatakan dirinya membuat action figure karakter Joko Widodo dan Prabowo Subianto itu, selain untuk meraih rezeki, juga menyampaikan pesan damai kepada masyarakat.

“Melalui karya ini, saya ingin menyampaikan pesan bahwa moment Pilpres 2019 jangan sampai membuat para pendukung masing-masing pasangan calon memanas,” kata Iwan, pensiunan satpam sebuah bank di Solo.

Iwan yang memiliki hobi melukis ini berkreasi dengan membuat mini figure, Ia menekuni melukis secara otododak sejak 2000.

Dari tangannya yang terampil, tercipta karya indah berupa mini figure tokoh, negarawan, dan pejabat untuk dipasarkan ke masyarakat umum.

“Saya membuat mini figure para tokoh atau negarawa itu sebetulnya sejak 2014 tetapi belum dipasarkan untuk umum. Pada 2019 mulai produksi lagi untuk pasar umum,” kata Iwan, ayah dua anak itu.

Iwan mengatakan makin panasnya suhu politik pada pehelatan Pilpres 2019 ini mendorong dirinya membuat minu figure tokoh Jokowi dan Prabowo yang mengenakan pakaian adat berblangkon yang bisa geleng-geleng kepala.

Menurut dia, dengan mini figure tersebut dirinya ingin mengajak masyarakat untuk menikmati momen pesta demokrasi yang digelar 5 tahun sekali ini dengan santai dan damai.

Iwan yang hanya sendirian memproduksi mini figure tokoh negarawan tersebut rata-rata butuh 1 jam untuk membuat satu satu figur.

Proses produksi tidak sulit karena bahan baku clay atau rubber resin atau fibre glass dan akrilik untuk pewarnaan yang mudah dicari di pasaran. Hasil karyanya memiliki kedetailan sehingga mirip dengan aslinya, misalnya pada bagian bola mata, ekspresi wajah, hingga guratan pada wajah.

“Saya membuat tokoh dengan pakai pakaian adat itu, artinya asli produksi Indonesia. Saya bikin bisa geleng-geleng itu karena situasi politik sedang memanas. Namun, mereka jika melihat itu, minimal tersenyum tidak jadi emosional,” kata Iwan.

Menurut dia, hara setiap mini figure tokoh Jokowi dan Prabowo ini dibanderol  Rp350 ribu hingga Rp1 juta. Pesanan  via online banyak datang dari Jakarta.

Pada Januari 2019 pihaknya menerima 15 buah mini figure Capres Jokowi dan Prabowo. Begitu juga Februari dan Maret ini, juga banyak menerima pesanan.

“Saya berharap dengan karya seninya ini dapat membawa berkah dan pemilu berlangsung damai,” kata Iwan. (Ant/WN)