BERBAGI
Foto : iIustrasi

SURABAYA, Warta Nasional – PT KAI Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya mulai membuka pemesanan tiket arus balik lebaran 2019 KA reguler untuk keberangkatan tanggal 7 Juni 2019 (H+1), dimana tanggal itu telah memasuki masa arus balik.

Manajer Humas Daop 8 Surabaya Suprapto di Surabaya, Sabtu mengatakan, dengan dibukanya tiket arus balik diprediksi pemesanan tiket Lebaran 2019 di wilayah setempat mulai meningkat.

Ia mencatat, selama ini pemesanan tiket KA untuk arus mudik di wilayah Daop 8 Surabaya cukup rendah, khususnya penjualan tiket lebaran reguler, hal ini disebabkan karena wilayah Daop 8 Surabaya merupakan daerah tujuan dari pemudik (arus mudik).

“Ketika masa sebelum lebaran, didominasi oleh arus para penumpang dari arah Barat ke timur (Jawa barat / DKI menuju Jawa tengah/Jawa Timur), ini dikenal dengan arus mudik,” katanya.

Sedangkan masa setelah lebaran, kata dia, arus penumpang akan didominasi oleh para penumpang dari arah timur ke barat (Jawa Timur/Jawa tengah ke arah DKI Jakarta/Jawa Barat), atau dikenal dengan arus balik.

Tiket arus mudik di wilayah Daop 8 Surabaya yang telah dipesan hingga saat ini berjumlah 64.074 tiket atau baru 26 persen dari total tiket yg tersedia pada periode H-10 sampai dengan H2  yang berjumlah 248.832tiket.

Sedangkan tiket KA yang telah dipesan dari H-10 sampai lebaran kedua (H+1) di Daop 8 Surabaya pada tanggal 1 Juni 2019 (H-4) okupansinya sebesar 39 persen atau terjual 8.166 tiket dari 20.736 tiket yang tersedia. (Ant/WN)