BERBAGI
ilustrasi/istimewa

KUDUS, Warta Nasional – Sekitar 300 rumah penduduk dan kawasan permukiman Desa Rahtawu, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, diasapi (fogging) untuk memusnahkan nyamuk penyebar penyakit demam berdarah dengue aedes aegypti.

Pemberantasan sarang nyamuk (PSN) melalui pengasapan tersebut sebagai upaya preventif yang ditempuh Sahabat Lestari untuk memusnahkan nyamuk penyebar DBD, kata Duta Sahabat Lestari Raeshard Octaviansha di Kudus, Minggu.

Ia menjelaskan pihaknya sebelumnya juga melakukan pengasapan di sejumlah desa dan kelurahan di kabupaten penghasil rokok kretek terkemuka di Indonesia ini.

“Fogging akan diselenggarakan menyeluruh di desa-desa di Kabupaten Kudus,” kata Raeshard dalam siaran pers dari Sahabat Lestari, Minggu.

Pengobatan gratis
Terpisah, Sahabat Lestari juga menggelar pemeriksaan eksehatan bagi warga Dukuh Paseban, Desa Mangunrejo, Kecamatan Kebonagung, Kabupaen Demak, Minggu (10/3).

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mempermudah masyarakat untuk mendapatkan layanan kesehatan, berupa pemeriksaan dan pengobatan gratis bagi warga setempat.

Layanan kesehatan dan pengobatan gratis itu disertai cek kolesterol, kadar gula darah, asam urat, dan penyakit umum lainya. Bakti sosial
tersebut diikuti 170 warga, mayoritas lansia dari berbagai desa.

Tim medis Sahabat Lestari juga memberikan tips kesehatan dan sosialisasi pentingnya menjaga kesehatan. Tim medis menjelaskan tentang gejala penyakit dislipidemia, misalnya, sering mengeluh nyeri kepala, rasa tegang di otot leher.

Cara pengobatanya, petugas medis menyatakan hindari makan makanan yang banyak mengandung lemak seperti gorengan dan lemak daging, serta perbanyak makan sayur dan buah. (Ant)